Sabtu 21 Oct 2023 05:05 WIB

Manfaat Luar Biasa Sholat Dhuha, Mampu Mencegah Sakit Persendian

Sholat dhuha salah satu ungkapan rasa terima kasih dan ]syukur pada Allah SWT.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Shalat Dhuha
Foto: MgIT03
Ilustrasi Shalat Dhuha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang di usia muda mengeluhkan sendi-sendinya terasa sakit dan linu, mudah pegal, dan badan terasa kaku. Beberapa orang menganggap ini sakit rematik sehingga mereka memilih mencegahnya dengan tidak mengonsumsi daging-dagingan.

Padahal, kondisi tersebut bisa saja terjadi karena persendian kita menuntut makanan. Rasulullah SAW mengatakan amalan sedekah dapat mencukupi kebutuhan makanan setiap persendian itu.

Baca Juga

“Pada setiap tubuh manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yang bersangkutan (pemilik sendi) bersedekah untuk setiap sendinya. Lalu, para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, siapa yang sanggup melakukannya?'

Rasulullah SAW menjelaskan, 'Membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu (yang dapat mencelakakan orang) dari jalan raya. Apabila ia tidak mampu, sholat dhuha dua rakaat dapat menggantikannya." (HR. Ahmad bin Hanbal dan Abu Daud)

 

Zezen Zainal Alim dalam bukunya The Ultimate Power of Sholat Dhuha mengatakan Imam Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari mengatakan bahwa salah satu faedah sholat dhuha adalah diberinya pahala bersedekah' untuk seluruh sendi manusia setiap hari. Dan, jumlah sendi itu adalah 360 sendi.

Betapa tingginya nilai pahala sholat dhuha dan alangkah makmurnya pahala seorang mukmin yang rajin melakukan sholat dhuha. Jika setiap pagi kita mengerjakan sholat dhuha, maka pahala yang kita terima sama seperti kita memberikan sedekah kepada seluruh persendian tubuh yang berjumlah 360 sendi.

Pahala sholat dhuha...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement