Jumat 10 May 2024 05:05 WIB

5 Amalan Ringan yang Dicintai Allah

Ini menjadi cara yang dapat dilakukan untuk selalu merasa dekat dengan Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tempat wudhu Masjid Istiqlal, Jakarta.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Tempat wudhu Masjid Istiqlal, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulama Mesir Syekh Amr al-Wardani memberikan penjelasan yang menginspirasi tentang bagaimana agar Allah SWT senantiasa menyertai setiap aktivitas seorang Muslim, baik dalam keadaan sedih, bahagia, cemas, dan lainnya.

Ada lima amalan ringan yang dicintai Allah. Ini menjadi cara yang dapat dilakukan untuk selalu merasa dekat dengan Allah SWT dalam setiap nafas.

Baca Juga

Amalan Ringan yang Dicintai Allah SWT

1. Menjaga Wudhu

Menjaga diri dengan bersuci sepanjang hari. Saat diri tidak berada dalam keadaan wudhu, hendaklah untuk selalu berwudhu untuk mendapatkan cinta Allah SWT.

"Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, "Itu adalah sesuatu yang kotor." Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri." (QS Al-Baqarah ayat 222)

2. Sholat Dhuha

Menjaga sholat dhuha agar berada dalam kecukupan, terlindungi dari perbuatan zalim dan kejahatan. Syekh al-Wardhani menyebutkan, sholat dhuha dapat dilakukan dengan minimal 2 rakaat.

Namun juga bisa dilaksanakan dengan 4 rakaat, sebagaimana hadits qudsi. Allah SWT berfirman, "Wahai anak Adam ruku' untukku 4 rakaat di awal pagi, maka aku akan penuhi hajatmu di hari itu."

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement