Sabtu 18 May 2024 14:15 WIB

Bukan Hanya Harta, Hal Sederhana ini Juga Sedekah Lho

Sedekah merupakan sunnah Nabi Muhammad.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Orang tersenyum bahagia (ilustrasi)
Foto: www.pxhere.com
Orang tersenyum bahagia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senyum adalah sedekah yang tidak memerlukan uang atau harta benda. Dengan senyum, seseorang dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan kepada orang lain. 

Selain itu, senyum memiliki kekuatan untuk meringankan beban seseorang, membuat suasana menjadi lebih positif, dan memperkuat ikatan sosial. Saat seseorang tersenyum kepada orang lain, artinya menunjukkan bahwa kita peduli dan menghargai keberadaan mereka.

Baca Juga

Bahkan, dalam Islam senyuman dianggap sebagai salah satu sedekah. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

 

Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu. (HR at-Tirmidzi dan Ibnu Hibban). 

Hadis lain juga menyampaikan bahwa seseorang tidak boleh menganggap sepele meskipun hanya senyuman. Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Janganlah meremehkan kebaikan sedikitpun juga walau engkau bertemu saudaramu dengan wajah berseri. (HR. Muslim no. 2626).

Wajah yang ceria dan berseri akan mudah memikat hati orang lain saat mengajak mereka kepada Islam dan kebaikan. Senyum yang ramah merupakan salah satu aset penting dalam berdakwah. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنَّكُمْ لَا تَسَعُونَ النَّاسَ بِأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ لِيَسَعْهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ الْوَجْهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ

Sesungguhnya kalian tidak bisa menarik hati manusia dengan harta kalian. Akan tetapi kalian bisa menarik hati mereka dengan wajah berseri dan akhlak yang mulia. (HR. Al-Hakim).

Dalam interaksi sehari-hari, senyum dapat membuka pintu komunikasi yang lebih baik dan memperkuat hubungan antar individu. 

Oleh karena itu, senyuman sebagai sedekah dalam Islam mengajarkan  bahwa tindakan kebaikan tidak selalu harus berupa materi. Dengan senyuman yang tulus, seseorang dapat menyebarkan kebahagiaan, membangun hubungan sosial yang harmonis, dan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement