Selasa 15 Aug 2023 12:22 WIB

Definisi Kiamat Menurut Tafsir Ilmiah

Kiamat merupakan akhir dari alam semesta dan kehidupan semua makhluk.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kondisi polusi di langit Jakarta terlihat dari Gedung Perpustaakan Nasional, Jakarta, Senin (14/8/2023). Pemerintah menilai kondisi polusi udara di Jakarta sudah berada diangka 156 dengan keterangan tidak sehat. Hal tersebut diakibatkan emisi transportasi, aktivitas industri di Jabodetabek serta ondisi kemarau panjang sejak tiga bulan terakhir. Presiden Joko Widodo merespon kondisi tersebut dengan menginstruksikan kepada sejumlah menteri dan Gubernur untuk segera menangani kondisi polusi udara dengan memberlakukan kebijakan WFH untuk mengatasi emisi transportasi, mengurangi kendaraan berbasi fosil dan beralih menggunakan transportasi massal, memperbanyak ruang terbuka hijau, serta melakukan rekayasa cuaca.
Foto:

KH Quraish Shihab dalam Perjalanan Menuju Keabadian menulis, “Para ulama menjelaskan bahwa ada dua macam kiamat: kecil dan besar. Kiamat kecil adalah saat kematian orang per orang, sedang kiamat besar adalah yang bermula dari kehancuran alam raya.”

Sementara itu KH Didin Hafidhuddin menyatakan bahwa kiamat diawali dengan tiupan terompet sebagai tanda kehancuran alam. Dari beberapa rumusan tersebut dapat disimpulkan beberapa hal berikut.

Pertama, hari kiamat merupakan akhir kehidupan dunia. Kedua, kiamat diawali tiupan sangkakala sebagai tanda permulaan hancurnya alam semesta. Ketiga, kiamat merupakan kehancuran jagat raya yang diawali dengan berguncangnya bumi, hancurnya semua benda angkasa, dan kematian seluruh makhluk hidup yang masih ada, sehingga semua yang ada di dunia musnah.

Keempat, setelah semuanya hancur dan musnah, bumi, langit, dan lainnya akan diganti dengan yang baru. Kelima, kiamat merupakan awal kehidupan akhirat yang menggantikan kehidupan dunia.

Dilansir dari buku Kiamat Dalam Perspektif Alquran dan Sains, buku ini disusun atas kerjasama Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 2011.

photo
Infografis Jarak Waktu Tiupan Sangkakala Malaikat Israfil. Ilustrasi kiamat - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement