Sabtu 12 Aug 2023 16:18 WIB

Cat Kuku Halal, Apakah Benar-Benar Halal dan Bisa Ditembus Air?

Industri sertifikasi halal harus menyepakati standar baru untuk cat kuku halal.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cat Kuku Halal, Apakah Benar-Benar Halal dan Bisa Ditembus Air?
Foto:

Javed Younis ikut mendirikan merek terkemuka di industri ini, Maya Cosmetics, sebuah perusahaan yang berbasis di Chicago. Dia menyadari ada cara khusus menggunakan produk ini untuk memastikan efisiensi, menyarankan konsumen membiarkan air mengalir di tangan mereka dan menciptakan tekanan yang cukup dengan menggosok kuku mereka.

Setelah audit yang mencakup manufaktur perusahaan, subkontraktor mereka, dan serangkaian uji permeabilitas air menggunakan filter kopi, produk Maya Cosmetics telah disertifikasi halal oleh Islamic Food and Nutrition Council of America dan IDCP, sebuah organisasi sertifikasi Filipina.

“Bukan hanya pendapat kami yang mengatakan ini adalah produk yang aman, lembaga sertifikasi independen menyetujui produk tersebut,” kata Younis.

Sejak mendirikan perusahaan pada 2016, Younis telah menemui banyak klien yang skeptis. “Meski sudah memiliki sertifikasi, masih ada sebagian umat Islam yang tidak mengakuinya sebagai sah. Kami setuju dengan itu, itu sangat bisa diterima,” katanya.

Diperkirakan akan tumbuh besar di Asia-Pasifik dan negara-negara mayoritas Muslim, pasar global kosmetik halal mewakili 30 juta pound pada 2020, menurut laporan baru-baru ini oleh Allied Market Research. Younis mengatakan produk kosmetik halal sangat dihargai di negara-negara dengan populasi muslim muda yang trendi, seperti Malaysia, Singapura, Afrika Selatan, dan Inggris. Konsumen Yahudi dan vegan juga merupakan pasar yang berkembang.

Ketertarikan yang meningkat ini harus memaksa organisasi sertifikasi halal untuk menanggapi masalah ini dengan serius. “Saya pikir, di situlah banyak generasi muda kita menjadi sangat frustasi. Hanya karena itu teknologi dan baru bukan berarti Anda harus mengabaikannya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement