Sabtu 12 Aug 2023 16:18 WIB

Cat Kuku Halal, Apakah Benar-Benar Halal dan Bisa Ditembus Air?

Industri sertifikasi halal harus menyepakati standar baru untuk cat kuku halal.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cat Kuku Halal, Apakah Benar-Benar Halal dan Bisa Ditembus Air?
Foto:

Bagi Umar, sertifikasi harus dengan jelas membedakan antara komposisi halal dan ramah wudhu dari cat kuku. Ia mengatakan hal ini dapat membantu memperkuat kepercayaan konsumen Muslim terhadap merek cat kuku halal. Karena penggunaan istilah halal dalam konteks ini bisa menyesatkan, Umar yakin produk semacam itu tidak bisa dianggap haram.

“Saya pikir kategorisasi itu sebenarnya bermasalah. Anda tidak dapat menganggap sesuatu itu halal jika Anda tidak dapat berwudhu dengannya. Itu bukan klasifikasi yang tepat,” katanya.

CEO dan pendiri merek cat kuku halal Tuesday in Love, Umar Dar juga berpikir industri sertifikasi halal harus menyepakati standar baru untuk cat kuku halal. “Ketika berbicara tentang industri sertifikasi halal, sangat sedikit atau tidak ada organisasi pusat dan otoritatif,” katanya.

Dar pertama kali tertarik dengan industri cat kuku halal pada 2014, ketika dia menghabiskan waktu berjam-jam untuk menguji permeabilitas air dari produk tersebut. Setelah berbulan-bulan menguji sampel dari berbagai merek, Dar menyadari tidak ada air yang bisa merembes karena penggunaan nitroselulosa. Senyawa ini, digunakan dalam cat, pernis, dan sebagian besar cat kuku, mengeras saat mengering dan menciptakan lapisan padat pada kuku.

Bahkan jika banyak merek menambahkan bahan kimia lain dalam formula mereka untuk mengubah basis nitroselulosa, itu tidak cukup untuk mengubah sifat asli cat kuku dan membuatnya benar-benar dapat menyatu dengan air.

“Saya memiliki latar belakang kimia, saya memeriksanya dengan cermat dan saya merasa, ini hanyalah penipuan pemasaran. Cat kuku bernapas secara harfiah hanyalah cat kuku biasa yang harganya dinaikkan,” katanya.

Sertifikasi halal Maya Cosmetics...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement