Rabu 09 Nov 2022 00:23 WIB

Ketika Nabi Muhammad Berbicara Mengenai Nabi-Nabi Lain

Nabi Muhammad dengan penuh kasih menyoroti ikatan ini dengan dengan rendah hati.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ketika Nabi Muhammad Berbicara Mengenai Nabi-Nabi Lain
Foto:

"Yunus adalah Saudaraku"

Suatu hari, Nabi Muhammad pergi ke kota Ta'if untuk mengajak umatnya masuk Islam. Dia ditolak dengan keras, dilempari batu bahkan oleh anak-anak.

Dia dan pelayannya berlindung di dekat kebun anggur. Pekerja kebun menawari mereka beberapa buah anggur. Pekerja itu mendengar Muhammad mengucapkan kalimat yang tidak biasa sebelum dia akan makan. Nabi bertanya kepada pria itu dari mana asalnya. Pria itu berkata, “Saya seorang Kristen dari “Niniwe” (utara Irak).

Nabi dengan penuh kasih mengingat saudaranya dalam Kenabian dan berkata, “Kamu berasal dari kota yang sama dengan Yunus (Yunus) putra Matta?”

Pria itu bingung dengan kenyataan bahwa Muhammad akan mengenal Yunus dan bertanya, “Bagaimana Anda mengenalnya?”

Nabi menjawab, “Dia adalah saudaraku, Dia adalah seorang Nabi, dan aku juga seorang Nabi.” (HR. Ar-Rahiq Al-Makhtum)

Rahmat untuk Semua

Meskipun Nabi Muhammad dimuliakan dengan menjadi penutup para nabi, dia hidup dengan rendah hati mengakui nabi-nabi lain dalam penghargaan dan rasa hormat dan cinta. Dia berkata “Hai manusia, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu tertipu oleh setan. Saya Muhammad putra Abdullah. Aku adalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Aku tidak suka kamu meninggikanku di atas kedudukan yang diberikan Allah Ta'ala kepadaku". (HR. Ahmad)

Sekarang lebih dari sebelumnya, umat Islam diminta untuk mengingat dan mempraktikkan kerendahan hati yang dicapai melalui ikatan semacam ini. Muslim harus ingat mereka dimaksudkan untuk menjadi rahmat bagi umat manusia. Mereka harus menyambut orang-orang dari latar belakang agama dan etnis apa pun.

Ketika Nabi hijrah ke Madinah, beliau tetap menghormati agama Kristen dan Yahudi. Madinah menyambut 60 anggota delegasi Kristen dari kota Najran. Dalam suasana yang penuh hormat dan pantas, baik Muslim maupun Kristen berdebat dan mendiskusikan keyakinan mereka. Setelah diskusi selesai, orang-orang Kristen Najran pulang dengan damai.

Semangat belas kasih dan kasih sayang yang diwujudkan dengan begitu kuat dan konsisten sepanjang hidup Nabi Muhammad harus menjadi contoh tidak hanya bagi umat Islam, tetapi juga pusat-pusat Islam kita, para imam kita, MSA kita, dan setiap asosiasi Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement