Jumat 14 Jan 2022 06:05 WIB

Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan

Fatima mengajar di sekolah khusus perempuan pada tahun 1840-an.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah. Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan.
Foto:

Di antara banyak pengagum Sheikh adalah Mahino Fatima, seorang ahli saraf India. Mahino mengatakan dia berasal dari keluarga penenun kain, yang secara historis ditolak aksesnya ke pendidikan. “Bagaimana saya bisa menjadi ilmuwan jika saya tidak bersekolah di sekolah dasar?  Dia mengemukakan gagasan bahwa kita juga bisa mempelajari kurikulum yang dibaca laki-laki. Gagasan bahwa anak perempuan dan laki-laki dapat memiliki pendidikan yang sama merupakan langkah maju yang besar,” katanya kepada TRT World.

Sheikh mengajar di berbagai sekolah bahwa Phule berlari selama bertahun-tahun. Akhirnya usahanya membuahkan hasil dan gadis-gadis dari kasta dan latar belakang yang berbeda yang tidak akan bersosialisasi, duduk di bawah satu atap untuk mengambil pelajaran mereka.

Perpustakaan Adat juga berbeda dalam arti tidak fokus pada teks-teks agama yang diajarkan kebanyakan sekolah pada masa itu. Phule dan Sheikh menekankan agar anak perempuan mendapatkan pendidikan di bidang matematika, sains, dan studi sosial.

Dalam waktu empat tahun setelah Savitribai memulai sekolah, pendaftaran anak perempuan sepuluh kali lebih tinggi daripada jumlah anak laki-laki yang belajar di sekolah negeri mana pun di daerah tersebut. Dampak kerja sama Fatima dengan Phules melampaui pendidikan. Itu adalah salah satu contoh paling awal ketika seorang Muslim bergandengan tangan dengan seseorang dari kasta Hindu yang lebih rendah untuk tujuan bersama.

Prestasinya sebagian diakui beberapa tahun yang lalu ketika Biro Negara Bagian Maharashtra memasukkan bio singkatnya ke dalam buku teks bahasa Urdu. Namun sayangnya, banyak aspek kehidupannya tetap diselimuti misteri. Misalnya, tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada Syekh setelah tahun 1956.

Seperti yang ditulis oleh jurnalis Dilip Mandal: “Fatima Sheikh terus berjuang mendapatkan tempat yang layak dalam sejarah.” 

 

https://www.trtworld.com/magazine/the-forgotten-legacy-of-fatima-sheikh-india-s-first-muslim-teacher-53535

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement