Jumat 14 Jan 2022 06:05 WIB

Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan

Fatima mengajar di sekolah khusus perempuan pada tahun 1840-an.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah. Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan.
Foto:

Bahkan keluarga Jotirao Phule sendiri menentangnya ketika dia bersikeras agar istrinya, Savitribai, belajar membaca dan menulis. Ketika Phule dipaksa keluar dari rumah, Fatima dan saudara laki-lakinya Usman Sheikh yang memberi mereka perlindungan di rumah mereka di kota Pune.

Di rumah Syekh itulah sekolah khusus perempuan pertama, Perpustakaan Pribumi, dibuka. “Di sini, Savitribai Phule dan Fatima Sheikh mengajar komunitas Dalit yang terpinggirkan dan wanita Muslim serta anak-anak yang ditolak pendidikannya berdasarkan kelas, agama, atau jenis kelamin,” kata Google.

Bagi Fatima Sheikh dan Savitribai, yang menghadiri sekolah misionaris untuk menjadi guru terlatih, tidak mudah meyakinkan orang tua untuk mendaftarkan putri mereka.Sheikh menghabiskan waktu berjam-jam pergi dari pintu ke pintu untuk meyakinkan tetangganya. Itu pasti saat-saat yang sulit.

“Meskipun pria dan wanita kasta atas melemparkan lumpur dan kotoran sapi ke arahnya dan melewati segala macam pelecehan saat dia berjalan di jalanan, Fatima Sheikh mengejar tujuannya,” tulis Ankita Apurva di Live Wire.

Islam mendorong mendidik baik pria maupun wanita tetapi beberapa keluarga Muslim melarang anak perempuan pergi ke sekolah. Pembagian kelas berarti bahwa orang-orang seperti Syekh yang berasal dari keluarga petani, menghadapi rintangan mereka sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement