Kamis 02 May 2024 00:05 WIB

Benarkah Umar bin Khattab Punya Indera Keenam? Fakta Ini Menjawab

Riwayat ini adalah dalam kitab Al Bidayah wa Al Nihayah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulama Tafsir Ibnu Katsir menguraikan sebuah riwayat yang menggambarkan kemampuan di luar nalar manusia kebanyakan. Riwayat ini adalah dalam kitab Al Bidayah wa Al Nihayah.

Disebutkan, pada saat Umar bin Khattab menjadi khalifah yang dikenal dengan julukan Amirul Mukminin, terjadi pertempuran antara pasukan Muslim dan Persia. Pertempuran ini berlangsung pada 645 M/23 H di daerah Nahawand, yang saat ini masuk dalam kewilayahan Iran.

Baca Juga

Saat itu, Nahawand sendiri merupakan salah satu daerah terpenting bagi Persia. Pasukan Muslim dalam pertempuran tersebut dipimpin oleh Sariyah bin Zunaim yang berasal dari Bani Kinana. Selama pertempuran, pasukan Muslim berada dalam keadaan terdesak. Mereka terjebak dan terkepung di sebuah lembah.

Di tengah situasi yang berkecamuk itu, Sariyah tiba-tiba mendengar suara Umar bin Khattab yang mengatakan, "Ya Sariyah bin Zunaim, gunung! Ya Sariyah bin Zunaim, gunung!...."

Setelah mendengar suara tersebut, Sariyah langsung mendaki gunung bersama pasukannya. Dalam kondisi inilah, posisi mereka pun berubah. Hingga akhirnya Sariyah dan pasukan Muslim berhasil menaklukkan pasukan Persia.

Padahal, ketika Sariyah mendengar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement