Jumat 05 Nov 2021 05:10 WIB

Pandangan Islam Mengenai Aromaterapi

Manfaat aromaterapi telah dinikmati selama ribuan tahun.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Pandangan Islam Mengenai Aromaterapi
Foto:

Menggunakan bahan-bahan alami memang dianjurkan seperti firman Allah SWT, surat An Nahl ayat 13.

وَمَا ذَرَأَ لَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهُ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَذَّكَّرُونَ

"Dan apa saja yang Dia ciptakan untukmu di bumi yang bermacam-macam warnanya [dan kualitas dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan] dan dari binatang. Sesungguhnya! Pada yang demikian itu menjadi tanda bagi orang-orang yang mengingat."

Tak hanya itu, minyak wangi kembang sepatu digunakan dalam pembuatan sabun wangi, lilin dan untuk terapi pijat. Nama Arabnya adalah Karkade dan memiliki aroma dan rasa seperti buah beri yang luar biasa yang membantu pencernaan, menurunkan demam, dan tekanan darah tinggi.

Air mawar adalah antidepresan yang kuat dan masih digunakan di Timur Tengah. Sebagai minyak esensial digunakan untuk mengembalikan kekuatan, membantu stres saraf, menghilangkan sakit kepala dan membantu kelelahan fisik dan mental otak .

Bahkan buah delima, ar-Rumman dalam bahasa Arab, disebutkan dalam Alquran dan saat ini minyak esensial buah delima digunakan sebagai obat meredakan nyeri otot dan nyeri serta mengurangi pembengkakan. Ekstrak biji delima meningkatkan regenerasi kulit menyehatkan dan melembabkan kulit , meningkatkan elastisitas, mengurangi kerutan, dan mencegah penuaan.

Manfaat aromaterapi telah dinikmati oleh orang-orang selama ribuan tahun dari orang Mesir yang merekomendasikan minyak wangi untuk mandi dan pijat. Memang, kesehatan dan kesejahteraan kita adalah nikmat yang banyak dari kita anggap remeh. 

Kita telah dipercayakan dengan hadiah terbesar yakni tubuh manusia yang menjadi milik kita untuk waktu yang telah ditentukan. Bersyukur, Islam adalah agama yang mendorong umat Islam untuk mencari bantuan medis:

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Ada obat untuk setiap penyakit dan jika obat itu diterapkan pada penyakit, maka penyakit itu sembuh.” (HR.Muslim).

photo
Khasiat tiga buah favorit Rasulullah (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement