Rabu 31 Mar 2021 21:43 WIB

Komunikasi dengan Allah Melalui Doa, Bagaimana Caranya?

Jujurlah saat berbicara dengan Allah.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Komunikasi dengan Allah Melalui Doa, Bagaimana Caranya?
Foto:

Jika belum pernah berdoa sebelumnya, ia menyarankan untuk menggunakan kata-kata sederhana. Sebagai Muslim, secara literal mereka sujud di hadapan Allah.

Di momen sujud itulah, kita bisa berkata dan berkomunikasi kepada Allah. Dalam doa itulah, kita bisa mengungkapkan keinginan dan permohonan kita, sekaligus mengucapkan syukur kepada Allah atas segala nikmat dari-Nya. Misalnya, bersyukur atas hal-hal indah dalam hidup, meminta kesehatan yang baik, meminta rezeki yang baik, dan meminta perlindungan dari Allah.

Ketika seorang Muslim sujud dan dahinya menyentuh tanah dalam sholat, maka ia mengucapkan permohonan kepada Allah agar ia menjadi orang atau Muslim yang lebih baik. Karena itulah, dalam berbicara dengan Tuhan, Idris mengatakan hendaknya jujur kepada Tuhan. Sebab, Allah Maha Tahu apa yang ada dalam hati manusia.

Kendati Allah mengetahui segalanya tentang makhluk-Nya, namun Tuhan masih ingin berbicara dengannya dan mendengarkan. Allah pada dasarnya tetap menginginkan yang terbaik untuk hamba-Nya.

"Kita tidak perlu memakai topeng apa pun di hadapan Tuhan, kita bisa menjadi diri kita sendiri. Dia tahu segalanya, tidak ada yang bisa kita sembunyikan dari-Nya, karena Dia tahu semuanya. Dengan teman-teman kita, kita menyembunyikan sesuatu, kita menyembunyikan segala hal: "Oh, saya tidak bisa memberi tahu mereka itu". Tapi dengan Tuhan, dengan Allah, Dia tahu itu," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement