Rabu 31 Mar 2021 21:43 WIB

Komunikasi dengan Allah Melalui Doa, Bagaimana Caranya?

Jujurlah saat berbicara dengan Allah.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Komunikasi dengan Allah Melalui Doa, Bagaimana Caranya?
Foto:

"Bagaimana kita berbicara dengan Tuhan? Jika Anda belum pernah berbicara dengan Tuhan sebelumnya, jika Anda belum pernah berdoa, apa yang Anda lakukan? Nah, yang Anda lakukan adalah mulai berbicara; sesederhana itu Anda mulai berbicara: “Tuhan, apakah Engkau di sana? Jika Anda ada di sana, dengarkan saya. Tuhan jika Anda ada di sana, tolong bantu saya. Tuhan jika Engkau ada, masuklah ke dalam hidupku. Ya Allah, bantu aku di dunia ini." Begitulah cara kami memulai, kami hanya mulai berbicara," kata Idris.

Dengan demikian, hal pertama yang dilakukan ketika ingin berkomunikasi dengan Tuhan ialah mulai berbicara dan merasa Tuhan begitu dekat. Namun demikian, ia mengingatkan manusia atau makhluk lainnya tidak bisa mengendalikan Tuhan.

Sebab, biasanya ketika kita berdoa, kita umumnya menginginkan sesuatu dan ingin jawabannya secara langsung. Namun, Tuhan tidak demikian, yang secara langsung mengabulkan keinginan makhluk-Nya. Terkadang, Allah menjawab doa seseorang tidak dengan cara yang diharapkan.

Karenanya apa yang harus dilakukan? Idris mengatakan manusia harus mau menerima untuk mendengar apa yang Tuhan katakan kepada hamba-Nya. Sebab, berdoa adalah berbicara dan mendengarkan, tidak seperti percakapan antara dua orang.

"Jadi kita tidak hanya mengatakan, 'Saya ingin, saya ingin" dan hanya itu; kita hanya menunggu untuk mendapatkan apa yang akan terjadi. Kita perlu mendengarkan apa yang Allah ingin berikan kepada kita juga. Kita perlu mendengarkan apa yang ingin Dia katakan, mungkin yang ingin Dia katakan adalah, Saya ingin, saya ingin, saya ingin", mungkin Dia mengatakan Anda tidak benar-benar membutuhkan apa yang Anda minta dan saya akan memberi Anda sesuatu yang Anda butuhkan bahkan lebih dari yang kamu inginkan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement