Sabtu 13 Feb 2021 06:00 WIB

Rute Perjalanan Cucu Nabi Imam Husain Sebelum Dibantai

Cucu Nabi Muhammad SAW Husain dibantai di Karbala

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Cucu Nabi Muhammad SAW Husain dibantai di Karbala. Ilustrasi rute perjalanan Husain
Foto:

Berbagai berita duka yang datang dari Kufah membuat perasaan al-Husain mengharu biru. Bagaimana tidak? Orang-orang terdekatnya mati terbunuh, sementara para pembelanya di Kufah tidak ada yang berusaha menolong mereka.

Ketika itulah al-Husain berkata kepada semua orang yang ikut bersamanya: "Siapa yang ingin kembali, silakan dia pulang". Benar saja, mendengar ucapan itu sejumlah orang pun langsung berpencar ke arah kanan dan kiri, meninggalkan al-Husain (Lihat: Tarikh ath-Thabari). Sehingga hanya rombongan dari Madinah yang tetap bersamanya. 

5. Tsa'labiyah 

Setelah meninggalkan Zarud, al-Husain melanjutkan perjalanannya hingga tiba di Tsa'labiyah.  

6. Zubalah 

Setelah itu al-Husain tiba di Zubalah, di sinilah dia bertemu dengan utusan Umar bin Sa'ad dan Ibnul Asy'ats yang membawa surat Muslim bin Aqil, yang menyampaikan ketidakpedulian penduduk Kufah terhadap dirinya. Malam itu, al-Husain menginap di Zubalah. Pada waktu sahur esok harinya, dia memerintahkan para budak miliknya agar membawa banyak perbekalan air (Lihat: Al-Bidayah wan Nihayah). 

7. Bathnul Uqbah 

Dari Zubalah, al-Husain meneruskan perjalanannya hingga sampai ke Bathnul Uqbah. Dia pun singgah di sana. 

8. Syaraf 

Dari Bathnul Uqbah, al-Husain melanjutkan perjalanan hingga ke Syaraf pada satu Muharram. Menjelang tengah hari, salah seorang pengikutnya mengumandangkan takbir. Al-Husain bertanya kepadanya dengan nada heran: "Kenapa kamu bertakbir?" "Aku melihat pepohonan kurma," jawabnya. 

Dua orang dari Bani Asad kemudian menanggapi: "Di kawasan ini tidak ada pepohonan kurma, sama sekali!"

"Lantas, apa yang dimaksud pepohonan kurma itu?" tanya al-Husain. 

"Yang dilihatnya adalah pasukan perintis yang dikirim oleh Ubaidullah bin Ziyad," jelas keduanya. Ketika itu, Ubaidullah Ziyad mengirim al-Hurr bin Yazid untuk menghadang rombongan al-Husain. 

9. Dzu Husam 

Setelah melihat pasukan perintis Ubaidullah di Syaraf, aI-Husain melanjutkan perjalanannya ke arah utara hingga singgah di Dzu Husam.   

Ketika al-Husain dan rombongannya akan meninggalkan Dzu Husam...  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement