Selasa 20 Feb 2024 18:22 WIB

Penjelasan Ini Jelaskan Bagaimana Teladan Sikap Rasulullah SAW Terhadap Bullying

Rasulullah SAW adalah teladan terbaik sepanjang masa.

Rep: Fuji E Permana, Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi)/ Rasulullah SAW adalah teladan terbaik sepanjang masa
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)/ Rasulullah SAW adalah teladan terbaik sepanjang masa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang paling baik akhlaknya. Dalam banyak kisah, digambarkan Nabi Muhammad SAW menjadi sosok yang selalu membuat senang gembira para sahabatnya. 

Sikap baik dan lembut Rasulullah SAW kepada para sahabatnya ini bertolak belakang dengan sikap buruk yang sering terjadi dalam lingkaran pertemanan. Misalnya sikap suka merundung atau membuli teman atau sahabat, itu sikap yang tidak diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Imam Al Ghazali bergelar Hujjatul Islam Zainuddin Al Thusi dalam kitab Ihya Ulumuddin menerangkan sikap Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya.

Nabi Muhammad SAW suka memanggil sahabat-sahabatnya dengan nama kuniah (sebutan atau panggilan yang baik) untuk menggembirakan dan memuliakan para sahabatnya. Rasulullah SAW sering memberi nama panggilan yang baik kepada orang yang tidak memilikinya, lalu beliau memanggilnya dengan nama itu. 

Nabi Muhammad SAW juga memberikan nama panggilan kepada para wanita. Beliau juga memberi nama panggilan kepada anak-anak sehingga hati mereka lemah-lembut. Rasulullah SAW selalu menjauhkan diri dari kemarahan dan beliau paling mampu menahan kemarahan. 

Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang paling manis ucapannya di antara para sahabatnya. Para sahabat Nabi Muhammad SAW menjadi saksinya. Nabi Muhammad SAW lebih banyak berdiam diri untuk menyimak pembicaraan orang lain dan tidak berbicara jika tidak ada keperluannya. 

Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengucapkan kata-kata keji dan menyakitkan. Apa yang diucapkan beliau adalah kebenaran. Beliau tidak mempergunakan kata-kata yang berlebihan. Tidak pernah para sahabat bertengkar di hadapan Nabi Muhammad SAW. 

Nabi Muhammad SAW banyak tersenyum di hadapan para sahabatnya. Jika beliau tersenyum, tampaklah gigi beliau.

Rasulullah SAW adalah manusia paling penyabar dan pemaaf meskipun mempunyai kesempatan untuk membalas dendam. 

Ketika seseorang menghadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW kalung emas dan perak, maka beliau memberikannya kepada sahabatnya.  

Risalah utama

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement