Jumat 22 Jan 2021 18:58 WIB

Siapakah Satu-satunya Wanita yang Disebut dalam Alquran?

Allah bahkan mengabadikan namanya menjadi sebuah surat dalam Alquran.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Siapakah Satu-satunya Wanita yang Disebut dalam Alquran?
Foto:

Rasulullah SAW menyebutkan dibanyak haditsnya tentang Maryam. “Banyak pria mencapai tingkat kesempurnaan, tetapi tidak ada wanita yang mencapai tingkat itu kecuali Maryam, putri Imraan dan Asia, istri Firaun," (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Seluruh surat dalam Alquran dinamai menurut namanya dan Maryam adalah satu-satunya wanita yang mendapat kehormatan itu (karena tidak ada surat lain dengan nama wanita selain nama Maryam). Dia juga satu-satunya wanita yang namanya disebutkan dengan jelas dalam Alquran.

Sedangkan wanita terhormat dan status besar lainnya hanya disebutkan sebagai referensi. Dilansir dari Islamweb, nama Maryam disebutkan secara eksplisit dalam Alquran sebanyak 34 kali dalam 32 ayat, dan itu disebutkan 11 kali tanpa dikaitkan dengan putranya, Nabi Isa AS.

Maryam dikenal karena kesucian dan keperawanannya. Bahkan setelah ia mengandung dan melahirkan Nabi Isa, Allah memberikan mukjizat.

Nabi Isa yang masih bayi dapat berbicara dan menjelaskan tentang kesucian ibunya sehingga membantah tuduhan orang-orang saat itu mengenai kehamilan Maryam tanpa seorang suami. Maryam sosok yang kuat dalam agamanya.

Dia bahkan menanggung banyak kesulitan, terutama ketika dia hamil, saat melahirkan, dan ketika dia menyusui putranya. Namanya banyak digunakan di seluruh dunia baik oleh umat Muslim maupun Kristen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement