Ahad 03 Jan 2021 05:10 WIB

Siapakah Saksi Wafatnya Muslim Sebagai Seorang Syahid?

Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat. Ilustrasi makam orang meninggal
Foto:

Selain makna menjadi saksi di atas, ternyata ada sebagian ulama memaknai kata syahid bukan sebagai orang yang menjadi saksi, tetapi justru bermakna sebaliknya, yaitu orang yang disaksikan. 

Dasar pendapat mereka bahwa terkadang wazan fa’iil (ليعف)  bisa juga bermakna bukan pelaku, melainkan menjadi objek yang kepadanya dilakukan suatu pekerjaan.  Sehingga orang yang mati syahid itu bukan orang yang menjadi saksi, justru maknanya adalah orang kematiannya disaksikan.

Ustadz Ahmad mengatakan, kalau memang orang yang mati syahid itu disaksikan, lalu peertanyaannya, siapakah yang menyaksikan mereka?

Umumnya mereka, sebagian ulama itu,  mengatakan bahwa yang menyaksikan atau yang menjadi saksi bagi orang yang mati syahid tidak lain adalah para malaikat yang mulia, seperti dalam firman Allah SWT surah Al-Hajj ayat 78 di atas.    

Dalam hal ini  ada yang mengatakan bahwa persaksian malaikat itu ketika orang yang mati syahid itu mengalami kematiannya, seperti Al-Imam Ar-Razi mengatakan bahwa orang yang mati syahid itu disaksikan oleh malaikat rahman, sebagaimana pendapat beliau di dalam kitab Hilyat al-Fuqaha’.

Dan ada yang mengatakan para malaikat menjadi saksi nanti di dalam atas kebaikannya dan atas haknya untuk masuk ke surga.  Dan ada juga yang berpendapat bahwa yang menjadi saksi justru darahnya sendiri yang tertumpah ke muka bumi.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement