Ahad 03 Jan 2021 05:10 WIB

Siapakah Saksi Wafatnya Muslim Sebagai Seorang Syahid?

Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Orang yang meninggal syahid akan disaksikan malaikat. Ilustrasi makam orang meninggal
Foto:

Sebagian yang lain mengatakan bahwa orang yang mati syahid itu menyaksikan datangnya para malaikat yang menaungi mereka dengan sayap-sayap mereka 

di saat kematiannya. Dan ada juga yang mengatakan bahwa orang yang mati syahid itu menyaksikan dunia dan akhirat.

"Sebagian yang lain mengatakan bahwa orang yang mati syahid menjadi saksi atas perjuangan membela kebenaran  dari Allah SWT, sehingga dirinya menemui kematian dalam melakukan pembelaan itu," katanya.  

Sebagian yang lain dari pendapat para ulama, di antaranya Al-Azhari, mengatakan bahwa orang-orang yang mati syahid itu akan menyaksikan Darus-Salam sebelum terjadinya hari kiamat nanti. Sedangkan orang yang matinya bukan dengan cara syahid, hanya nanti di akhirat saja akan menyaksikannya.  

Pendapat mereka berangkat dari firman Allah SWT surat Ali Imran ayat 169:  

وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ "Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki."

Menurut mereka, ketika hidup di sisi Allah SWT di dunia inilah mereka sudah menjadi saksi adalah adanya Darus-salam.  

Ustadz Ahmad mengatakan, tentang penamaan orang yang mati di jalan Allah sebagai syahid, para ulama berbeda pendapat tentang hubungannya kata syahid dengan kematian itu.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement