Jumat 01 Jan 2021 17:27 WIB

Siapa Saja yang Boleh Menjadi Wali Nikah?

Ada tiga perkara yang tidak boleh ditunda.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Siapa Saja yang Boleh Menjadi Wali Nikah?. Menikah. Ilustrasi
Foto:

Dalam sebuah hadits disebutkan. "Tiga perkara tidak boleh ditunda-tunda, yaitu sholat bila telah tiba waktunya, jenazah bila telah siap, dan perempuan bila ia telah ditemukan pasangannya yang sepadan.” (H.R. Baihaqi).

Saking pentingnya keberadaan wali ini, sampai-sampai Rasulullah SAW bersabda: Diriwayatkan oleh Zuhri dari Aisyah bahwasanya Nabi SAW bersabda: "Siapa pun wanita yang menikah tanpa izin dari walinya, maka nikahnya batil," (HR. Ahmad). 

Dalam riwayat lain dikatakan, Dari Aisyah R.A berkata: Rasulullah bersabda, ”Siapa saja wanita yang menikah tanpa seizin walinya, maka nikahnya bathil (tidak sah), pernikahannya bathil, pernikahannya bathil." 

Jika seseorang menggaulinya, maka wanita itu berhak mendapatkan mahar dengan sebab menghalalkannya. Jika mereka berselisih, maka sulthan (penguasa) adalah wali bagi wanita yang tidak mempunyai wali. (HR. Abu Daud).

Status bathil yang melekat dalam redaksi hadits ini secara otomatis melarang setiap wanita untuk menikahkan dirinya sendiri. Hal tersebut menjadi pendapat dari mayoritas para ulama, dengan berlandaskan kepada redaksi hadist berikut. 

Dari Abu Hurairah R.A bahwasanya Nabi SAW bersabda: "Janganlah wanita menikahkan wanita lain, dan janganlah wanita menikahkan dirinya sendiri," (HR Ibnu Majah).

Kemudian dalam Alquran juga disebutkan. "Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui,”  (QS. An Nuur: 32).

 

Dalil di atas maka mayoritas para ulama berpendapat nikah tanpa wali  adalah haram karena redaksi nushus yang spesifik menegaskan hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement