Senin 28 Dec 2020 14:35 WIB

Cara Nabi Muhammad SAW Memperlakukan Mualaf

Nabi Muhammad SAW memiliki kebijaksanaan dalam memperlakukan Muslim baru.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Cara Nabi Muhammad SAW Memperlakukan Mualaf. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

4. Perubahan bertahap dalam perilaku masyarakat

Orang-orang mungkin menerima gagasan untuk tunduk kepada satu Tuhan, tetapi mereka mungkin memiliki masalah dalam beberapa perintah seperti jilbab, puasa di sepanjang Ramadhan, dan lain-lain. Suku Thaqif setuju memeluk Islam tetapi mengatakan kepada Nabi Muhammad SAW: “Kami tidak akan memberikan sedekah apa pun, dan kami tidak akan berperang di jalan Allah (jihad).”

Nabi menerima itu dari mereka, dan dia memberi tahu temannya: “Mereka akan (dengan sukarela) membayar sedekah dan melakukan jihad ketika mereka memeluk Islam.” (Abu Dawud dan disahkan oleh Al-Albani).

Sekali lagi, kami mencatat kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW dalam mengenali kelemahan orang-orang dan menanganinya berdasarkan itu. Sahabat lain memiliki tuntutan tertentu, seperti sholat dengan sujud tetapi tanpa rukuk (Ibn Rajab, Jami` Al-ʻUlum Wal-Hikam). Sementara yang lainnya meminta izin untuk sholat hanya dua kali sehari, bukan lima.

Di sini sangat penting untuk dicatat bahwa Nabi Muhammad SAW tidak menyesuaikan ajaran agama untuk individu-individu tersebut. Dia menganggap itu sebagai tahap perkenalan bagi orang tertentu dalam perjalanan baru mereka dalam Islam.

Pengecualian semacam itu tidak diberikan selama khutbah Jumat misalnya, dan tidak diajarkan serta disebarkan oleh rekan lainnya. Semua kejadian itu dan lainnya mengajari kita harus memiliki kebijaksanaan dalam mengundang orang-orang ke jalan Allah yang agung ini.

Terkadang dan dalam situasi tertentu dengan orang-orang tertentu, menaikkan standar dan menantang orang akan menghasilkan yang terbaik dari mereka. Di kesempatan lain, kita harus memahami kelemahan manusia dan memberi orang rencana bertahap. Tentu saja tanpa mengorbankan dasar dan esensi syariat Islam.

 

https://aboutislam.net/shariah/prophet-muhammad/a-mercy-for-all/prophet-treated-new-muslims/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement