Senin 28 Dec 2020 14:35 WIB

Cara Nabi Muhammad SAW Memperlakukan Mualaf

Nabi Muhammad SAW memiliki kebijaksanaan dalam memperlakukan Muslim baru.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Cara Nabi Muhammad SAW Memperlakukan Mualaf. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Cara Nabi Muhammad SAW Memperlakukan Mualaf. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita semua menyukai momen ini, ketika saudara laki-laki atau perempuan memasuki masjid pada Jumat dan mengucapkan syahadat. Kemudian semua yang ada di masjid mulai mengucapkan takbir, Allahu Akbar.

Ini adalah momen yang luar biasa, untuk menyaksikan seseorang yang baru saja menemukan jalan yang benar, dan mengambil langkah ekstra lebih dekat kepada Tuhan. Pertanyaan pahitnya adalah apa selanjutnya? Bagaimana komunitas Muslim akan menyambut Muslim baru itu?

Baca Juga

Nasihat apa yang akan diberikan kepada mereka dan bagaimana mereka akan memulai perjalanan panjang mereka dalam mempelajari syariah dari Allah?

 

Terkadang aspek ini terabaikan ketika kita fokus pada acara mengucapkan syahadat dan menganggapnya sebagai tujuan akhir dakwah. Berikut ini cara Nabi Muhammad SAW memperlakukan Muslim baru atau mualaf, dilansir di About Islam.

1. Mengakui kemampuan terbaik mereka

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Yang terbaik di antara kalian di hari-hari ketidaktahuan adalah yang terbaik di hari-hari setelah menerima Islam, jika mereka memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang Islam (fikih).” (HR Bukhari dan Muslim).

Setiap manusia memiliki bakat dan keterampilan yang unik. Nabi Muhammad SAW menyadari fakta itu dan memotivasi orang-orang sejak mereka menerima Islam. Kisah Khalid dan ʻAmr ibn Al-ʻAs. Dua legenda sejarah Muslim, Khalid ibn Al-Waleed dan ʻAmr ibn Al-ʻAs, memeluk Islam pada hari yang sama dan memberikan dorongan besar pada syariat Islam ini.

Khalid memimpin pasukan Muslim untuk menaklukkan Iraq, Persia (Iran), Armenia dan Syam (Suriah dan Lebanon). ʻAmr ibn Al-ʻAs adalah orang yang menyebarkan Islam di Palestina dan Mesir.

Bayangkan dampak besar yang diberikan kedua orang ini kepada Islam. Berapa banyak orang yang mengetahui Islam dan kemudian berkontribusi padanya dan untuk kemanusiaan melalui mereka. Semua itu dipengaruhi oleh orang insaf baru atau mualaf baru.

Menarik untuk dicatat keduanya berperang melawan Nabi Muhammad SAW dan Muslim dengan sengit di masa-masa awal mereka. Keduanya memiliki darah Muslim di tangan mereka, terutama Khalid ibn Al-Waleed yang menjadi alasan utama di balik kekalahan kaum Muslimin dalam pertempuran Uhud.

Bagaimana Nabi Muhammad SAW menghadapi mereka? Terlepas dari semua itu, lihat bagaimana Nabi menyambut dua tambahan baru dalam keluarga Muslim.

"Ya Allah, dia (Khalid) adalah salah satu pedang kamu, jadi dukunglah dia,” doa Nabi. Sejak saat itu, Khalid biasa disebut pedang Allah.

"Semua orang menjadi Muslim, tetapi untuk ʻAmr ibn Al-ʻAs dia menjadi seorang mukmin.” Menunjukkan bahwa dia segera masuk ke dalam peringkat keimanan yang lebih tinggi daripada Muslim baru lainnya. Hadis ini dilaporkan oleh At-Termizi dan diberi peringkat sebagai hadis hasan.

Khalid adalah pemimpin tentara Muslim dalam banyak pertempuran, tanpa menjadi perhatian para sahabat yang tahu lebih banyak Alquran daripada dia dan memeluk Islam bertahun-tahun sebelumnya.

Biografi Nabi Muhammad SAW memberi tahu kita tentang beberapa pertempuran di mana Khalid mengambil keputusan yang salah, karena kurangnya pengetahuannya. Ini tidak mendiskreditkan dia atau membiarkan Nabi membayangi bakat dan potensi kontribusinya bagi Muslim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement