Jumat 06 Nov 2020 18:52 WIB

Sholat Sambil Pegang Mushaf, Bagaimana Hukumnya?

Ramai video Aldi Taher sholat sambil memegang mushaf untuk dibaca.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Sholat Sambil Pegang Mushaf, Bagaimana Hukumnya?
Foto:

Ibnu Qasim menyatakan makruh bila dilakukan di sholat fardhu. Ibnu Syihab berkata: Ulama-ulama terbaik kita membaca surat dengan melihat mushaf saat qiyam ramadhan dengan berdalil bahwa itu dilakukan oleh budaknya Aisyah. Imam Malik dan al Laits pun berpendapat demikian."

Ibnu Qudamah menyebutkan pendapat Imam Ahmad dalam kitab al Mughni, "Imam Ahmad berpendapat tidak ada masalah seorang imam yang membaca surat dengan melihat mushaf. Saat beliau ditanya apakah sama hukumnya bila dilakukan saat sholat fardlu, beliau menjawab: Saya tidak mendengar riwayat tentang itu."

Qaadli Abu Ya'la berpendapat: itu makruh saat sholat fardhu dan boleh saat sholat sunnah dan makruh pula bila dilakukan oleh seorang yang hafal Alquran. Imam Ahmad juga pernah ditanya tentang imam yang membaca surah sambil melihat mushaf di shalat qiyam ramadhan? Beliau menjawab: tidak masalah jika terpaksa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ALDI TAHER,SE (@alditaher.official) on

 

Sedangkan MUI dalam fatwanya nomor 49 tahun 2019 menyebut melihat mushaf saat sholat tidak membatalkan sholat. MUI membolehkan membaca Alquran saat sholat jika memang memiliki maslahat dan tidak mengganggu kekhusukan sholat. Kendati demikian, imam yang membaca Alquran tanpa mushaf disebut MUI lebih utama.

 

MUI juga memberikan ketentuan agar Imam yang membaca mushaf saat sholat harus mengerti dahulu tentang fikih sholat. Imam juga harus melihat kondisi makmum jika maksud membaca mushaf sambil sholat itu bertujuan memanjangkan bacaan shalat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement