Rabu 24 Apr 2024 18:24 WIB

Kisah Lansia yang Selalu Baca Surat Al Ikhlas dalam Sholat, Bolehkah?

Terdapat hadits yang menunjukkan tingginya kedudukan Surat Al-Ikhlas.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tenang dan khusuk ketika sholat (ilustrasi)
Foto:

Mubaligh Mesir Syekh Ishom al-Ruby menjelaskan Allahusshomad yang artinya 'Allah tempat meminta segala sesuatu', bermakna bahwa Allah adalah Tuhan yang sempurna yang tidak bergantung pada siapa pun. Manusialah yang membutuhkan Dia. "Setiap manusia membutuhkan Dia, tetapi Dia tidak membutuhkan siapapun," ujarnya.

Kata 'ashshomad' pada ayat tersebut mengandung makna bahwa Allah tidak bergantung pada siapapun atau bahkan semua manusia. Meski semua manusia membutuhkan Allah, tetapi Dia tidak membutuhkan siapapun. Manusia itu fakir, miskin, lemah, hina. Tidak punya daya kekuatan. Dan Allah adalah sandaran para hamba-Nya.

Cukuplah ayat tersebut untuk menyadarkan manusia bahwa mereka itu lemah dan tidak berdaya. Sebab, mereka membutuhkan Allah untuk bisa berdaya, dan memohon kepada-Nya agar permintaan mereka terkabul.

Kata ashshomad berarti dituju. Mayoritas pakar bahasa dan tafsir memahami arti ashshomad bahwa Allah adalah Dzat yang kepada-Nya mengarah semua harapan makhluk. Dia yang didambakan dalam pemenuhan kebutuhan makhluk serta penanggulangan kesulitan mereka.

Pada ayat kedua ini, kata Allah diulang sekali lagi. Ini menandakan, siapa yang tidak memiliki sifat ash-shamadiyah atau dengan kata lain tidak menjadi tumpuan atau sadaran secara penuh, maka tidak wajar dipertuhankan.

Disebutkan pula dalam riwayat hadits...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement