Kamis 07 Mar 2024 20:15 WIB

Hati-Hati! Orang Pendengki dan Iri Hati Ditimpa Lima Perkara Buruk Ini

Dengki atau hasud adalah penyakit yang berada di dalam hati seseorang.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Sebagian sastrawan juga telah mengisyaratkan di dalam perkataannya sebagai berikut, "Orang kikir tidak akan punya teman akrab."

Shalih Abdul Quddus juga telah mengatakan di dalam Bahar Thawil sebagai berikut. "Kekikiran seseorang, akan menampakkan noda di hadapan orang ramai. Hanya kemurahanlah yang dapat menutupi noda dari mereka. Tutuplah dengan kain kemurahan. Karena setiap noda hanya dapat ditutupi dengan kemurahan."

Tidak ada kesetiaan di hati seorang raja karena dia tidak pernah merasa takut atau khawatir terhadap seorang rakyat pun. Abu Nu'aim juga telah meriwayatkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut:

صِنْفَانِ مِنْ أُمَّتِي إِنْ صَلَحُوا صَلَحَتِ الْأُمَّةُ : الأَمْرَاءُ والفقهاء.

"Dua golongan dari umatku, jika mereka baik, maka baiklah seluruh umat, yaitu golongan pejabat (pemimpin) dan fuqaha (ulama)."

Riwayat dari jalan lain dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya sebagai berikut.

"Rakyat tidak akan binasa, meskipun berbuat zalim dan kejahatan, apabila pemerintahnya mendapat petunjuk dan menunjukkan (pada kebenaran), akan tetapi rakyat akan menjadi binasa meskipun mendapatkan petunjuk dan ditunjukkan, apabila pemerintahnya berbuat zalim dan kejahatan (sewenang-wenang)."

Abu Bakar pernah membacakan puisinya dalam Bahar Basith sebagai berikut.

"Jika kamu berharap manusia menjadi mulia. Maka perhatikanlah olehmu, seorang raja memakai kain orang miskin. Itulah perbuatan yang baik di hadapan manusia. Hal itu baik juga untuk dunia dan agama."

Orang yang jelek budi pekertinya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement