Senin 15 Jan 2024 19:47 WIB

Ahli Hikmah Ungkap Enam Hal yang Harus Ditakuti Muslim

Siapapun yang tidak mohon pertolongan kepada Allah, tidak selamat dari hasad.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Muslim Pakistan berdoa.
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Seorang Muslim Pakistan berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad menjelaskan ahli hikmah menyatakan ada enam hal yang harus ditakuti oleh umat Islam.

"Siapapun yang tidak takut kepada Allah, maka ia tidak akan selamat dari tergelincirnya lisan. Siapapun yang tidak takut bertemu dengan Allah, maka hatinya tidak akan terhindar dari (perkara) haram dan syubhat."

Baca Juga

Dikutip dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008, siapapun yang tidak putus harapannya dari makhluk, maka ia tidak akan selamat dari kerakusan. Siapapun yang tidak memelihara amalnya, maka tidak akan selamat dari perbuatan riya."

Siapapun yang tidak mohon pertolongan kepada Allah, agar dipelihara hatinya, maka tidak akan selamat dari hasud (penyakit hati termasuk dengki). Siapa yang tidak mellihat kepada orang yang lebih utama ilmu dan perbuatannya, maka ia tidak akan selamat dari ujub.

Enam Hal yang Harus Ditakuti Muslim

1. Takut pada Allah

Orang yang tidak takut kepada Allah, maka ia tidak akan selamat dari terpelesetnya lidah. Sebagaimana yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya berikut ini.

Nabi Muhammad SAW bersabda...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement