Kamis 08 Feb 2024 00:05 WIB

Empat Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri Menurut Al-Ghazali

Banyak orang yang kesulitan mengetahui kekurangan diri sendiri.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Padang Pasir
Foto: Pixabay
Ilustrasi Padang Pasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada pepatah populer tentang seseorang sering melihat kesalahan besar orang lain daripada kesalahan diri sendiri. Pepatah tersebut, yaitu gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, semut di seberang lautan kelihatan.

Itu sejatinya adalah salah satu penyakit hati dan itu adalah kekurangan diri sendiri. Al-Ghazali dalam bukunya Percikan Ihya' 'Ulumu Al-Din Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia mengatakan banyak orang yang kesulitan mengetahui kekurangan diri sendiri.

Baca Juga

Padahal ketika Allah Swt menghendaki kebaikan kepada hamba-Nya, maka Dia akan menunjukkan kekurangan-kekurangannya (cacat). Maka, menurut Al-Ghazali, mereka yang mempunyai penglihatan mata hati yang tajam, dia akan melihat kekurangan-kekurangannya.

Namun, kebanyakan orang tidak mampu melihat kekurangan tersebut. Dan Al-Ghazali menawarkan empat cara bagaimana mengetahui kekurangan tersebut.

 

Pertama, dengan berkonsultasi dengan guru yang ahli dalam cacat atau kekurangan kejiwaan. Al-Ghazali menyebut guru tersebut dengan sebutan syeikh. Guru tersebut tak hanya sekadar ahli dalam cacat kejiwaan melainkan juga mempunyai pengetahuan dalam penyakit hati yang tersembunyi.

Di hadapan guru tersebut...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement