Jumat 19 Jan 2024 18:14 WIB

Nafsu dalam Hati, Seperti Benalu yang Membuat Pohon Mati

Nafsu yang bersarang di dalam hati bagai penyakit berbahaya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Benalu adalah tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain dan mengisap makanan dari tanaman yang ditumpanginya. Benalu menyerap makanan dari pohon inangnya sehingga merugikan inangnya.

Jika dibiarkan, benalu dapat bertambah banyak dan dapat menyebabkan pohon inangnya kurus. Pada akhirnya, pohon inang akan kering sehingga tumbuhan inangnya mati.

Baca Juga

Nafsu-nafsu yang bersarang dalam hati seperti benalu yang menempel pada hati. Dampaknya, akan membuat hati seseorang tidak mampu menggapai hidayah Allah SWT. Hal ini dijelaskan Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitab Al-Hikam.

BACA JUGA: Hujan Mengguyur Pagi Ini, Bolehkah tidak Sholat Jumat karena Hujan?

 

"Kelezatan hawa nafsu yang bersarang di dalam hati merupakan penyakit yang sangat berbahaya." (Syekh Ibnu Athaillah, Al-Hikam)

Maksud Syekh Ibnu Athaillah mengenai nafsu yang bersarang di dalam hati bagai penyakit berbahaya. Maknanya, jangan sampai hati kamu dipenuhi oleh hawa nafsu. Jangan sampai hawa nafsu menguasai dan selalu memerintahkan kamu melakukan maksiat.

Jika keadaan ini dibiarkan begitu saja, maka akan menutupi cahaya hati kamu. Sehingga, kamu buta dan tidak mampu lagi menggapai hidayah Allah SWT.

Nafsu itu ibarat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement