Rabu 06 Mar 2024 20:16 WIB

Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur

Wudhu merupakan cara menyucikan diri.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Wudhu (Ilustrasi)
Foto:

Selain berwudhu sebelum tidur, Nabi Muhammad SAW juga membaca Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, dan Surat an-Nas sebanyak 3 kali. 

Ketiga surat ini memang memiliki keutamaan yang penting, karena Surat al-Falaq dan an-Nas bisa dijadikan bacaan ruqyah, termasuk dua surat yang berisi permohonan perlindungan kepada Allah, dan salah satu surat yang dianggap sebagai surat terbaik yang diturunkan kepada Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam.  

Sedangkan, Surat al-Ikhlas ini mengungkapkan konsep keesaan Allah dengan sangat jelas dan tegas sehingga sering disebut surga kecil atau perempat Alquran. 

وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي : { قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ } : (( وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ القُرْآنِ ))

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang surah “Qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas)”, “Demi diriku yang ada pada tangan-Nya, sesungguhnya surah tersebut sama dengan sepertiga Alquran.” 

 

Maka dijelaskan dalam hadis tersebut bahwa Surat al-Ikhlas jika dibaca itu sama seperti sepertiga Alquran. Meskipun Surat al-Ikhlas ini hanya memiliki 4 ayat, tapi memiliki esensi arti yang sangat kuat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement