Kamis 15 Feb 2024 20:54 WIB

Sejarah Ibadah Penting yang Terjadi di Bulan Sya'ban, Apa Itu?

Sya'ban juga menjadi pengingat bagi umat Islam bahwa Ramadhan akan tiba.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Puasa
Foto:

Manfaat Puasa

Selain adanya jejak historis diwajibkannya puasa wajib bagi kaum Muslimin, nyatanya terdapat fakta tentang manfaat puasa.

Misalnya, manfaat sosial dari puasa, dijelaskan oleh Syekh Abu Bakar Jabir, yakni dapat menjadi pembiasaan umat Islam untuk terus hidup dalam kedisiplinan dan persatuan. Tak hanya itu, dengan puasa seseorang akan membiasakan diri terhadap keadilan, persamaan, menumbuhkan perasaan sayang serta moral yang baik di lingkup masyarakat.

Sebab puasa bukan hanya dimaknai sebagai sebuah pemahaman sempit dengan tidak dibolehkannya makan dan minum. Puasa adalah kegiatan menahan diri, baik itu dari makan dan minum dan yang terpenting adalah menahan nafsu dan emosi dari perbuatan-perbuatan tercela.

Manfaat puasa secara medis pun juga banyak dijabarkan oleh para ilmuwan. Puasa, sebagaimana hadits Nabi, dianggap sebagai salah satu medium bagi penyehatan fisik, jiwa, dan rohani.

Dalam buku Sehat dengan Ibadah karya Jamal Muhammad Az-Zaki dijelaskan mengenai salah satu manfaat medis puasa bagi kesehatan lambung. Bahwa puasa Ramadhan yang disyariatkan Islam telah meningkatkan keseimbangan asam lambung. Dengan begitu, ia membantu penyembuhan luka lambung disertai dengan pengobatan yang sesuai.

Para peneliti bahkan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement