Rabu 14 Feb 2024 17:08 WIB

Empat Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban

Bulan Sya'ban merupakan bulan yang paling dekat dengan Ramadhan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bulan Syaban
Foto:

 اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

“Aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu dan aku berlindung dengan-Mu, dari-Mu, dan kepada-Mu. Dan aku tidak mampu menghitung pujian kepada-Mu, sebagaimana pujian-Mu untuk diri-Mu."

Ketika beliau bangun dari sujud dan selesai dari shalatnya, beliau bersabda: "Wahai Aisyah! Apakah kamu menyangka bahwa Nabi telah mengingkari janjimu?" Aisyah menjawab, "Demi Allah tidak wahai Rasulullah, akan tetapi aku telah menyangka bahwa engkau telah menemui ajal, karena begitu panjang sujudmu.

Beliau bersabda, "Apakah engkau tahu malam apa ini?" Aisyah menjawab, Allah dan Rasul-Nya lebih tahu. Rasulullah bersabda, "Malam ini adalah malam Nisfu Sya'ban, sesungguhnya Allah melihat dan mencari hamba-Nya yang meminta ampunan di malam ini, maka yang meminta ampun pun akan diampuni dan Dia akan memberi rahmat kepada orang yang meminta rahmat dan meninggalkan orang yang dengki dan iri dalam keadaannya."

Empat kejadian inilah yang paling penting di bulan Sya'ban. Karena kejadian-kejadian inilah bulan ini menjadi mulia dan lebih diagungkan oleh Allah swt. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi seorang mukmin mengisi hari-hari bulan Sya'ban ini dengan ibadah dan amal shaleh, khususnya di malam Nisfu Sya’ban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement