Rabu 14 Feb 2024 17:08 WIB

Empat Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban

Bulan Sya'ban merupakan bulan yang paling dekat dengan Ramadhan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bulan Syaban
Foto:

3. Ditentukannya umur manusia

Di bulan ini ditentukannya umur manusia, yang berarti ditampakkannya umur manusia karena kekuasaan Allah tidak berkaitan dengan waktu dan tempat. "Tiada sesuatu pun yang menyerupai-Nya dan Dia adalah yang Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

Dalam sebuah hadits dari Aisyah bahwa Rasulullah berpuasa di bulan Sya'ban secara penuh, Aisyah berkata, "Aku berkata kepada Rasulullah saw, wahai Rasulullah! Apakah puasa yang paling di sukai oleh Allah adalah puasa di bulan Sya'ban?" Beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah di bulan ini telah menulis seorang sebagai mayat di tahun itu, maka aku senang ajalku datang kepadaku sedang aku dalam keadaan berpuasa." Maka dari itu beliau memperbanyak puasa di bulan ini.

4. Terdapat malam Nisfu Sya’ban

Jika di bulan Ramadhan terdapat Lailatul Qodar, maka di bulan Syaban ini terdapat malam nisfu Sya’ban, di mana pada malam ini turun pengampunan Allah, malam diijabahnya doa, dan malam penuh berkah dan rahmat.

"Allah swt melihat kepada semua hambanya di malam Nisfu Sya'ban, kemudian memberikan pengampunan kepada mereka semuanya kecuali kepada musyrik dan orang yang selalu mengajak kepada perselisihan".

Telah disebutkan dalam sebuah hadits tentang doa di malam Nisfu Sya'ban. Dari Aisyah berkata, "Rasulullah shalat malam kemudian shalat dengan memperpanjang sujud sampai aku menyangka bahwa beliau telah dijemput ajalnya. Ketika aku melihat hal itu, aku berdiri mendatanginya dan aku menggerakkan jari jempolnya kemudian beliau bergerak. Aku pun kembali ke tempatku semula dan aku mendengarkan beliau membaca ini dalam sujudnya:

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement