Rabu 14 Feb 2024 17:08 WIB

Empat Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban

Bulan Sya'ban merupakan bulan yang paling dekat dengan Ramadhan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bulan Syaban
Foto:

2. Diangkatnya buku catatan amal manusia ke langit

Di bulan ini, semua perbuatan manusia diperlihatkan kepada Allah swt. meski sesungguhnya  Allah swt Maha Mengetahui segala hal gaib dan nyata. Dia Maha pengasih lagi Maha penyayang.

Tidak akan ada sesuatu apapun yang tersembunyi dari pengetahuan Allah. Tiada selembar daun pun yang jatuh dari pohon pada malam hari, kecuali Allah telah mengizinkannya. Tidak ada pula satu biji basah dan kering di kegelapan malam, kecuali telah tertulis dengan jelas dalam kitab Allah.

Akan tetapi diangkatnya amal tersebut adalah suatu bentuk dari kekuasaan serta keagungan Allah dan juga bukti akan ditampakkannya perbuatan-perbuatan manusia di alam arwah di depan Malaikat. Hal itu juga sebagai isyarat tentang rahasia yang tersisip dalam hikmah dijadikannya manusia sebagai khalifah di dunia ini, yaitu untuk menjalankan kewajibannya sebagai hamba, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam firman Allah swt.

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku." (Ad-Dzariyat: 56)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Usamah bin Zaid, menyebutkan: "Wahai Rasulullah! Aku tidak pernah melihat angkau berpuasa di satu bulan, seperti engkau telah berpuasa di bulan Sya’ban? Rasulullah menjawab, "Bulan itu adalah bulan yang telah dilupakan oleh banyak orang, yaitu antara Rajab dan Ramadhan, ia adalah bulan, amal perbuatan di dalamnya diangkat kepada Tuhan seluruh alam dan aku senang amalku diangkat sedang aku dalam keadaan berpuasa".

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement