Kamis 25 Jan 2024 13:19 WIB

Hiburan dalam Islam Boleh, tapi Bisa Jadi Haram Jika...

Pada dasarnya, hiburan merupakan urusan keduniaan atau muamalah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Penari asal Xinjiang menampilkan tarian Tabuh Rebana dan Nyanyikan Lagu dalam gelaran Republika Festival Hijriah di Gedung Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2023). Dalam gelaran Republika Festival Hijriah, rombongan seni muqam dari Teater Senin Xinjiang menampilkan sebanyak 11 tarian dan nyanyian dalam tur di sembilan kota di Indonesia.  Festival Hijriah  tersebut digelar oleh Republika bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Komite Tiongkok dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah yang berlangsung hingga 10 Agustus mendatang di sembilan kota. Selain itu, gelaran Festival Hijriah juga menghadirkan beragam kegiatan yakni seperti tausiyah, bazar UMKM dan penampilan seni budaya Xinjiang dari komunitas lokal.
Foto:

"Itulah usaha setan menggoda manusia dari berbagai arah, namun apakah kita akan menyerah? Kalau kita cermati ayat tersebut, ada peluang dan kesempatan di mana setan tidak dapat menggoda manusia, yaitu dari arah atas. Menurut para ahli tafsir dalam Tafsir Surat al-Fatihah karya Ustadz Aceng Zakaria, dari arah atas adalah hidayah Allah," jelas Ustadz Zuhdi.

Ustadz Zuhdi menegaskan, jika Allah SWT memberikan hidayah, maka siapapun termasuk setan tidak akan mampu menghalanginya. Sebagaimana dalam sebuah hadits dinyatakan Man yahdillahu fala mudhillalah, wa man yudlillahu, fala hadiyallah.

Artinya: Siapapun yang Allah berikan hidayah kepadanya, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan siapapun yang berada dalam kesesatan, maka tidak ada yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

"Maka ketika ada godaan, celah atau peluang berbuat maksiat, hendaknya kita ingat dan meminta perlindungan kepada Allah SWT," ujar Ketua Bidang Kerukunan Umat Beragama (KUB) Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement