Rabu 27 Dec 2023 00:05 WIB

Alasan Mengapa Orang yang tidak Tidur Usai Sholat Subuh Hidupnya Berkah

Di waktu pagi, Allah SWT membuka keran penghidupan dan rezeki yang luas.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Puluhan pedagang kaki lima menggelar barang dagangannya di taman depan Masjid Bimbas, Sektor 5, Syisyah, Makkah, usai subuh. Pelanggannya didominasi jamaah haji Indonesia.
Foto:

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat An Naba ayat 11:

وَّجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًاۚ

“Wa ja’alnannahaara ma’aasya.”

Yang artinya, “Kami menjadikan (waktu pagi hingga) siang untuk mencari penghidupan.”

Sehingga, kata Kiai Ahsin, Allah SWT telah menyediakan waktu dari pagi sampai siang kepada manusia untuk mencari penghidupan. Kemudian hal ini dijabarkan dan ditekankan oleh Nabi SAW melalui hadits di atas.

Tak hanya itu, Kiai Ahsin juga menjabarkan suatu hadits yang berkaitan tentang orang yang mencari nafkah di pagi hari. Yakni di pagi hari terdapat dua malaikat yang berdoa. Malaikat pertama mengatakan, “Ya Allah berikanlah keberkahan nafkah pada pagi hari ini atau yang bersedekah di pagi hari ini dengan kelipatan pahalanya.” Adapun malaikat yang kedua berkata, “Adapun bagi mereka yang tidak mau bersedekah, maka baginya kerugian atau kebinasaan (harta).” (HR Bukhari dan Muslim).

“Maka pagi hari itu adalah masa Allah memberikan rahmat kepada makhluk-Nya. Jangan dipakai untuk tidur, karena dia menyia-nyiakan bidang ukhrawi maupun duniawi,” kata beliau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement