Selasa 26 Dec 2023 20:23 WIB

Jangan Salah Mengartikan Sikap Tawadhu Agar tidak Diremehkan Orang Lain

Takabur sebagai lawan dari tawadhu akan menimbulkan kedengkian.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto: MGROL100
Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah tawadhu sudah tidak asing di kalangan umat Muslim Indonesia, terutama di kalangan santri. Para ulama telah mengajarkan dan menganjurkan agar memiliki sikap tawadhu dalan kehidupan sehari-hari.

Ahmad Muhammad Al-Hufy dalam bukunya Akhlak Nabi Muhammad Saw menerangkan tawadhu adalah sikap merendah diri tanpa menghinakan diri atau menurunkan harga diri sehingga orang lain berani meremehkan. Sikap tawadhu tak akan menjadikan orang rendah diri.

Baca Juga

Bahkan sebaliknya, tawadhu dapat membawa seseorang mendapatkan penghormatan dari orang lain. Toleransi dan saling menghormati akan tumbuh dengan sikap tawadhu.

Pun sebaliknya, takabur sebagai lawan dari tawadhu akan menimbulkan kedengkian dan selalu merasa benar yang dapat memicu ketidakharmonisan antarsesama. Rasulullah Saw adalah sosok manusia paling sempurna untuk dijadikan teladan tentang sikap tawaduk. Dan sikap tawadhunya itu tak mengurangi kewibawaan Rasulullah di mata umatnya.

Sebagaimana yang pernah Nabi SAW lakukan, yakni memberikan makan dan minum sendiri untanya tanpa berat hati. Hal tersebut diutarakan oleh Abu Sa'id al-Khudri. Selain itu, Rasulullah juga tidak malu menyapu halaman rumahnya sendiri dan makan bersama dengan pembantunya.

Bagi laki-laki yang sudah berkeluarga, patut menjadikan Rasulullah sebagai contoh. Rasulullah tidak malu pergi ke pasar untuk membeli keperluan rumah tangga dan membawanya barang tersebut sendiri.

Ia juga tidak segan berjabat tangan dan menyapa terlebih dahulu orang lain baik kaya, fakir maupun miskin. Sikap tawadhu tersebut menunjukkan hati Rasulullah yang sangat mulia.

Maka, menjauhi takabur dan bersikap tawadhu sangat dianjurkan oleh agama. Sebab takabur sesuatu yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Allah berfirman: "Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan diri di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku (QS al-A'raf: 146).

Firman lain Allah juga mengutuk orang-orang yang takabur, yaitu "Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang (QS Ghafir: 35).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement