Sabtu 16 Dec 2023 09:25 WIB

Sejarah Sufi di Baghdad pada Abad Pertengahan

Pada abad ke-11, gerakan sufi menonjol di masyarakat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi tarian sufi.
Foto:

Meskipun berkontribusi terhadap kepentingan publik adalah tanggung jawab semua orang. Hal ini terlihat dari bagaimana, ketika seorang tentara Turki mencoba menyerang seorang wanita Muslim di luar Masjid Jami'a di Bagdad pada 1069, terjadi kerusuhan.

Sehari setelah kerusuhan, orang-orang berkumpul di luar istana Khalifah dan menuntut keadilan. Khalifah diberitahu tentang situasi tersebut dan para pedagang serta tokoh setempat pergi untuk menyelesaikan situasi tersebut.

Sufi di Baghdad Abad Pertengahan memberikan studi dan gambaran menarik tentang kehidupan sipil di Bagdad abad pertengahan. Jelas terlihat berbagai lembaga sipil dan non-elite memainkan peran penting dalam memberikan keamanan, pendidikan dan meningkatkan pembangunan ekonomi bersama dengan lembaga-lembaga elite dan pemerintah.

Masyarakat sehari-hari sangat tertarik dan terlibat aktif dalam menjalankan masyarakat – terlepas dari apakah penguasa menginginkannya atau tidak. Muhammad telah memberikan gambaran yang baik tentang alat apa saja yang tersedia bagi manusia dan kerangka teoritis yang membentuk pemahaman mereka.

Para sufi di Baghdad abad pertengahan, sebagaimana buku yang ditulis oleh Atta Muhammad, akan menjadi tambahan yang baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengenai peran masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat di zaman pra-modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement