Sabtu 16 Dec 2023 00:01 WIB

Jangan Sepelekan Sholat Sunnah, Ini 7 Ganjaran Bagi yang Mendirikan

Jangan sepelekan sholat sunnah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Foto:

2. Ibadah sunnah paling afdhal

Ibadah sholat lebih afdhal atau lebih utama dari ibadah puasa. Para ulama mengatakan bahwa sholat sunnah memang lebih afdhal, Imam Ibnu Hajar misalnya pernah menyebut ibadah badaniyah yang lebih afdhal setelah syahadat adalah sholat. Sholat fardhu itu lebih afdhal dari ibadah ibadah fardhu lainnya, dan sholat sunnah itu lebih afdhal dari ibadah sunnah lainnya.

3. Bisa menemani Nabi di surga

Dahulu ada seroang sahabat Nabi bernama Rabiah bin Ka’ab AlAslamiy yang hendak masuk surga dan menemani Nabi di sana, lalu Rasulullah pun memerintahkannya untuk memperbanyak sholat sunnah. Dengan memperbanyak sholat sunnah niscaya Allah akan mengabulkan keinginannya.

4. Dosanya berguguran ketika rukuk dan sujud

Ketika seseorang sedang sholat fardhu maupun sholat sunnah ternyata dosa-dosanya semua berguguran. Maka, semakin banyak seorang Muslim itu mendirikan sholat, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang dikatakan Nabi dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi.

Nabi berkata, “Sesungguhnya seorang hamba jika sedang sholat maka didatangkan semua dosa-dosanya dan diletakkan di atas kepalanya atau pundaknya. Maka ketika ia rukuk atau sujud, maka dosa-dosanya itu akan berguguran dari dirinya."

Dicintai Allah SWT...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement