Kamis 28 Mar 2024 23:15 WIB

Ini Dia Sholat Sunnah yang Lebih Baik Daripada Dunia dan Seisinya

Sholat sunnah qabliyah shubuh bernilai sangat tinggi.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat / sujud
Foto: Dok Republika
Ilustrasi sholat / sujud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat merupakan salah satu ibadah utama dalam agama Islam, yang memiliki keutamaan yang besar dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di antara sholat-sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan adalah dua rakaat sebelum sholat subuh. Keutamaan dari ibadah ini tercermin dalam berbagai hadis dan ajaran Rasulullah SAW.

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda dua rakaat sebelum sholat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya.

Baca Juga

Dari ‘Aisyah di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

 

"Dua rakaat fajar (sholat sunnah qabliyah Shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR Muslim no 725). 

Dari hadis ini, dapat dipahami bahwa amalan dua rakaat sebelum sholat subuh memiliki nilai yang sangat tinggi di sisi Allah SWT. Bahkan, kebaikannya melebihi segala kenikmatan dan kekayaan dunia.

Sholat sunnah dua rakaat sebelum sholat subuh juga memiliki keutamaan dalam menyucikan jiwa dan membersihkan hati. 

Dengan meluangkan waktu untuk beribadah di saat yang paling sunyi dan tenang, sebelum terbitnya fajar, seseorang dapat merasakan kedekatan spiritual dengan Allah SWT yang tidak tergantikan. Hal ini membantu mempersiapkan diri secara mental dan spiritual untuk menjalani hari dengan penuh kesadaran dan keberkahan.

Dalam hadis dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar yang berkata bahwa Ummul Mukminin Hafshah pernah mengabarkan:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنَ الأَذَانِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ وَبَدَا الصُّبْحُ رَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تُقَامَ الصَّلاَةُ

"Rasulullah Shallallahu‘alaihi Wasallam dahulu diam antara adzannya muazin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan." (HR Bukhari no 618 dan Muslim no 723).

Begitupun dalam hadis Muslim, Aisyah Radhiyallahuanhu juga mengatakan hal yang sama:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ إِذَا سَمِعَ الأَذَانَ وَيُخَفِّفُهُمَا

"Rasulullah Shallallahu‘alaihi Wasallam setelah mendengar adzan, beliau melaksanakan sholat sunnah dua rakaat ringan." (HR Muslim no 724).

Oleh karena itu, sholat dua rakaat sebelum subuh merupakan sunnah Rasul yang memiliki dampak besar terhadap kehidupan manusia yang mengamalkannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement