Jumat 08 Dec 2023 16:39 WIB

Pembunuhan 4 Bocah di Jagakarsa, Teringat Kisah Pembunuhan Manusia Pertama di Bumi

Qabil murka tidak terima dijodohkan dengan saudari kembar Habil, yakni Lubada.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto:

Usai membunuh, Qabil kebingungan dengan jasad adiknya. Maka, ia pun menggotong-gotong jasad adiknya selama setahun menurut suatu riwayat. Hingga Allah swt melalui firman-Nya, Al Maidah ayat 31 menunjukkan cara mengubur. Allah mengutus burung gagak menggali tanah untuk menunjukkan kepada Qabil cara mengubur Habil.

Karena Qabil adalah manusia pertama yang melakukan pembunuhan terhadap sesamanya, maka Qabil menjadi manusia pertama juga yang memberikan contoh pembunuhan kepada generasi selanjutnya. Mengenai hal ini, sebagian besar ulama menyebutkan, setiap kali ada kejahatan pembunuhan maka sebagian dosanya akan ditanggung oleh Qabil.

Imam Ahmad juga meriwayatkan, dari Abu Muawiyah dan Waki, dari Al-A'masy dari Abdullah bin Murrah, dari Masruq, dari Ibnu Mas'ud, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Apabila ada seseorang yang terbunuh secara zhalim, maka anak Adam yang pertama kali (membunuh) mendapatkan bagian dari dosa pembunuhan itu karena ia adalah orang pertama yang melakukan pembunuhan (hingga diikuti oleh orang lain)."

Hadits ini juga diriwayatkan oleh para imam hadits lainnya kecuali Abu Dawud, melalui Al-A'masy, dengan kelanjutan para perawi yang sama." Begitu pula hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin Ash dan Ibrahim An-Nakhai, mereka juga berkata persis seperti itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement