Jumat 08 Dec 2023 16:39 WIB

Pembunuhan 4 Bocah di Jagakarsa, Teringat Kisah Pembunuhan Manusia Pertama di Bumi

Qabil murka tidak terima dijodohkan dengan saudari kembar Habil, yakni Lubada.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto:

Namun, ada juga yang mengatakan alat yang digunakan untuk membunuh Habil adalah sebuah batu. Qabil melemparkan batu itu ke kepala Habil saat ia sedang tidur hingga kepalanya pecah.

Ada juga yang mengatakan ketika itu Qabil mencekik adiknya dengan sangat kencang dan menggigitnya, seperti yang dilakukan hewan buas terhadap mangsanya, hingga akhirnya Qabil pun meninggal. Wallahu a'lam.

Adapun jawaban dari Habil ketika diancam oleh kakaknya untuk dibunuh, adalah, "Sungguh, jika kamu (Qabil) menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Aku takut kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” (Al-Maidah ayat 28).

Jawaban itu menunjukkan betapa tingginya budi pekerti yang dimiliki oleh Habil. la lebih takut kepada Allah dari pada kematian. la sungguh contoh orang yang baik, ia tidak mau membalas niat buruk saudaranya yang ingin membunuhnya dengan perbuatan yang sama.

Meninggalnya Habil karena dibunuh oleh kakaknya sendiri merupakan kasus pembunuhan pertama di muka bumi ini. Sebagian ulama berpendapat lokasi pembunuhan ini berada di gunung Qasiun, di wilayah utara Damaskus. Tepatnya di sebuah gua yang dinamakan Gaar Damm (gua darah).

Usai membunuh, Qabil kebingungan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement