Jumat 08 Dec 2023 16:39 WIB

Pembunuhan 4 Bocah di Jagakarsa, Teringat Kisah Pembunuhan Manusia Pertama di Bumi

Qabil murka tidak terima dijodohkan dengan saudari kembar Habil, yakni Lubada.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Habil dan Qabil merupakan putra Nabi Adam dan Hawa. Meski keduanya adalah putra Nabi Adam, namun Habil dan Qabil memiliki tingkat ketakwaan yang berbeda dihadapan Allah.

Kisah Qabil dan Habil pun diabadikan Allah swt dalam Alquran surat Al Maidah ayat 27 hingga 31. Nama keduanya tercatat dalam Alquran dan dikenal sebagai kasus pembunuhan pertama yang terjadi di bumi.

Baca Juga

Buku Kisah para Nabi karya Imam ibnu Katsir menyebutkan Nabi Adam dan Hawa dikaruniai 40 anak. Namun, riwayat yang lain menyebutkan Hawa melahirkan 120 anak. Setiap kali melahirkan, Hawa dikaruniai anak kembar laki-laki dan perempuan.

Kemudian, Adam diperintahkan untuk menikahkan setiap anak laki-laki dengan saudari kembar dari saudaranya, yakni yang tidak terlahir bersamanya, lalu yang ini disilang dengan yang itu, dan begitu seterusnya. Tidak ada satu orang anak laki-laki pun diperbolehkan untuk menikahi saudari kembarnya yang terlahir bersamanya.

 

Nabi Adam lalu menjodohkan Qabil dengan saudari kembar Habil, yakni Lubada. Sedangkan Habil dijodohkan dengan Iqlima yang berparas cantik dan menawan. Tetapi Qabil menolak perjodohan itu, dan menginginkan agar Iqlima yang menjadi istrinya.

Nabi Adam lantas memerintahkan keduanya...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement