Rabu 29 Nov 2023 09:39 WIB

Apa yang Terjadi pada Roh Syuhada Palestina di Akhirat?

Sejatinya, mereka mendapatkan kemuliaan dan derajat tinggi di sisi Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina menemukan satu jenazah dari reruntuhan rumah keluarga Al Shawa yang hancur akibat serangan udara Israel di Gaza, Palestina, Rabu (25/10/2023).
Foto:

Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah menukil beberapa hadits yang diriwayatkan dari Al Barra. Di mana dalam petikan hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan tentang bagaimana malaikat menyambut roh orang-orang beriman. Mereka membawa kain kafan dan wewangian dan menyambut roh mukim yang keluar dengan lembutnya.

وتنزل ملائكة من الجنة ، بيض الوجوه كأن وجوههم الشمس ، معهم أكفان الجنة ، وحنوط من حنوطها ، فيجلسون منه مد البصر ، فإذا قبضها الملك لم يدعوها في يده طرفة عين ، قال: فذلك قوله تعالى: توفته رسلنا وهم لا يفرطون ، الأنعام ٦١).

Artinya: “…dan turunlah para malaikat dari surga yang putih bersinar wajah-wajahnya, wajah mereka bagaikan matahari. Mereka membawa kain kafan dari surga serta wewangiannya. Para malaikat itu duduk di depannya sejauh pendangan. Maka ketika dicabut rohnya oleh malaikat maut, ia tidak akan menyiakannya sekejap pun.  Beliau membaca firman Allah: Demikianlah firman Allah ta'ala, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya (at Tadzkirah, halaman 360 dalam pembahasan tentang hadits Al Barra)

Roh orang mukmin itu keluar dengan bau yang sangat wangi. Lalu, para malaikat membawanya ke langit, roh orang beriman itu pun disaksikan oleh malaikat-malaikat lainnya.

قال : فتخرج نفسه كأطيب ريح وجدت ، فتعرج به الملائكة فلا يأتون على جند فيما بين السماء والأرض إلا قالوا: ما هذه الروح ؟ فيقال : فلان، بأحسن أسمائه حتى ينتهوا به أبواب السماء الدنيا ، يفتح له ، ويشيعه من كل سماء مقربوها حتى ينتهى بها إلى السماء السابعة ، فيقال: اكتبوا كتابه في عليين: وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا عِلِّيُّوۡنَؕ ، كِتٰبٌ مَّرۡقُوۡمٌ ، يَّشۡهَدُهُ الۡمُقَرَّبُوۡنَؕ ، المطففين ١٩-٢١).

Artinya: ...Nabi berkata: maka keluarlah rohnya seperti harum terwangi yang ditemukan, kemudian para malaikat membawanya naik, maka tidaklah melewati para malaikat yang berdiri di antara langit dan bumi, mereka bertanya: roh siapa ini? Dijawab: Fulan dengan kebaikan namanya, sehingga sampai ia ke langit ketujuh. Maka Allah berfirman: catatlah kitabnya pada illiyyin: “Tahukah engaku apakah illiyyin itu? Yaitu kitab yang bertulis, yang disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan kepada Allah. (Alquran surat Muthaffifin ayat 19-21). (At Tadzkirah, halaman 360).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement