Rabu 29 Nov 2023 04:05 WIB

Ayat-Ayat Alquran Ini Jelaskan Mengapa Allah SWT Murka pada Kaum Yahudi

Tidak ada pujian bagi orang-orang Yahudi di zaman ini.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: AP
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT memuliakan Bani Israil pada masa awal dan melebihkan mereka atas dunia pada zamannya. Allah SWT juga mengangkat nabi dan raja di antara mereka.

Allah SWT meninggikan status mereka di atas kaum Koptik dan Kana'an yang ada pada zaman itu. Allah mengaruniai mereka kemuliaan selama masa ketaatan mereka kepada-Nya.

Baca Juga

Allah memberi mereka kemenangan dan memampukan mereka untuk hidup di zaman Musa, Yosua, Daud, dan Sulaiman. Namun, mereka mencoba membunuh Nabi Isa AS.

BACA JUGA: Warga Thailand Dilaporkan Tempur Bersama Israel, Ulama Thailand: Menusuk dari Belakang

Bahkan, ulama tafsir sekaligus sejarawan Muslim Imam Ath-Thabari mengungkapkan Bani Israil membunuh Nabi Zakaria dan Nabi Yahya. Kemudian, Allah menimpakan kehinaan dan kemiskinan kepada mereka, murka kepada mereka serta mengutuk mereka.

Padahal, kaum Yahudi dengan nabinya Nabi Musa AS, sebelumnya telah diselamatkan dari Fir'aun yang menindas mereka. Allah telah mewariskan kepada kaum Nabi Musa AS yang telah ditindas oleh Firaun, bagian timur dan barat tanah yang diberkahi. Allah SWT juga membinasakan musuh mereka.

Semua itu karena ketaatan mereka pada agama. Nabi Musa AS juga berkata kepada kaumnya itu ihwal warisan tanah kepada Bani Israil.

"Musa berkata kepada kaumnya, "Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah. Sesungguhnya bumi (ini) milik Allah; diwariskan-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al A'raf ayat 128)

Sesudah itu, berabad-abad lamanya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement