Rabu 29 Nov 2023 09:39 WIB

Apa yang Terjadi pada Roh Syuhada Palestina di Akhirat?

Sejatinya, mereka mendapatkan kemuliaan dan derajat tinggi di sisi Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina menemukan satu jenazah dari reruntuhan rumah keluarga Al Shawa yang hancur akibat serangan udara Israel di Gaza, Palestina, Rabu (25/10/2023).
Foto:

Lebih lanjut dijelaskan dalam riwayat itu bahwa Allah taala menyucikan dan mengampuni dosa Mujahid itu. Roh itu disuruh pergi ke tempat para syuhada.

Lalu, ia bertemu dengan para syuhada lainnya. Ia diperlihatkan para syuhada lainnya itu berada di dalam kubah-kubah dari sutra di dalam taman-taman yang hijau.

Para syuhada itu menikmati ikan yang berada di sungai-sungai surga yang dagingnya begitu harum. Setelahnya, roh mujahid itu diperlihatkan rumahnya di surga.

ثم يعودان وينظرون إلى منازلهم من الجنة ويدعون الله عز وجل أن تقوم الساعة

Artinya: Kemudian mereka kembali dan melihat rumah mereka di surga, dan berdoa kepada Allah Yang Maha Esa agar segera tiba Hari Kiamat. (At Tadzkirah, 364).

Dalam penjelasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa wanginya jasad para syuhada adalah tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada roh dan jasad para syuhada dan orang-orang beriman.

Di dalam sebuah hadits riwayat imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

   كل كلم يكلمه المسلم في سبيل الله يكون يوم القيامة كهيئتها إذ طعنت تفجر دما اللون لون الدم والعرف عرف المسك   

“Setiap luka yang didapatkan seorang Muslim di jalan Allah, maka pada Hari Kiamat keadaannya seperti saat luka tersebut terjadi. Warnanya warna darah dan harumnya sewangi misik,” (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement