Senin 09 Oct 2023 22:36 WIB

11 Adab yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Buang Air Kecil atau Besar 

Islam mengajarkan adab-adab dalam buang air besar dan kecil

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Toilet Pria (ilustrasi). Islam mengajarkan adab-adab dalam buang air besar dan kecil
Foto:

8. Rasulullah SAW jikalau hendak masuk ke tempat buang hajat, cincinnya diletakkan terlebih dahulu karena terdapat ukiran kata Muhammad di cincinnya.  

 

9. Posisi buang hajat beliau tidak pernah menghadap kiblat dan tidak pernah pula membelakanginya, beliau ajarkan umatnya untuk melakukan hal yang sama. Beliau berkata:

photo
Cek sehat dari buang air besar - (republika)

 

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَيْتُتُمْ الْغَائِطَ فَلَا تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ بِغَائِطٍ وَلَا بَوْلٍ وَلَا تَسْتَدْبِرُوهَا 

 

Dari Abu Ayyub Al Anshari, dia berkata, Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika engkau buang hajat maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya, baik buang air besar ataupun air kecil.”  

 

10. Rasulullah SAW tidak pernah buang hajat ataupun air kecil di tempat yang biasa dijadikan orang berteduh seperti pohon, atau di jalanan umum yang biasa dilalui banyak orang. 

Baca juga: Alquran Sebut Ada Makhluk Hidup di Luar Angkasa, tapi Apakah Alien? Ini Kata Prof Quraish

 

 

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اتَّقُوا الْمَلَاعِنَ الثَّلَاثَةَ الْبَرَازَ فِي الْمَوَارِدِ وَقَارِعَةِ الطَّرِيقِ وَالظِّلِّ. (رواه أبو داود) dari Mu’adz bin Jabal, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Takutlah kalian terhadap tiga hal yang terlaknat; buang air besar di sumber air, tengah jalanan, dan tempat berteduh.” (HR Abu Dawud (no 24), Ibnu Majah (no.328)). 

 

11. Hal terakhir yang beliau ajarkan dalam tata-cara buang hajat adalah, hendaknya tidak bercakap-cakap.

 

 لَا يَخْرُجُ الرَّجُلَا نِ يَضْرِبَانِ الْغَائِطَ كَاشِفَيْنِ عَوْرَتَيْهِمَا يَتَحَدَّثَانِ فَاِنَّ اللَّهَ يَمْقُتُ عَلَى ذَلِكَ

 

"Jika ada dua orang di antara kalian yang sedang buang hajat, maka janganlah bercakap-cakap, karena sesungguhnya Allah murka akan perbuatan itu."    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement