Selasa 29 Aug 2023 14:25 WIB

Tips Hadapi Rasa Cemas akan Masa Depan Ala Nabi Muhammad

Ketika sesuatu tidak terjadi sesuai keinginan, jangan biarkan hal itu membuat kecewa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Tips Hadapi Rasa Cemas akan Masa Depan Ala Nabi Muhammad
Foto:

3. Allah punya rencana sendiri

Terakhir, konsep ketiga dalam hadis ini adalah rencana yang telah dibuat Allah SWT. Ingatlah kalimat Nabi yang berkata, "Ketahuilah, jika seluruh dunia berkumpul untuk menolong kamu, niscaya mereka tidak dapat menolong kamu kecuali jika Allah telah memerintahkannya. Dan jika seluruh dunia berkumpul untuk menyakitimu, niscaya mereka tidak akan menyakitimu kecuali jika Allah telah memerintahkannya.”

Kesimpulannya, apa pun yang direncanakan oleh Allah akan terjadi dan informasi atau pengetahuan tentang hal itu ada pada Allah SWT. Tugas seorang manusia adalah mencari yang terbaik.

Bersamaan dengan itu, umat Muslim juga diajak untuk selalu kembali kepada Allah SWT, untuk meminta karunia-Nya yang Dia simpan untuk hamba-hamba-Nya. Seluruh dunia tidak bisa memberi atau merampasnya, jika itu tidak direncanakan oleh Allah.

Maka, janganlah seorang umat melawan Qadar dari Allah SWT, yang telah diatur segalanya. Ketika sesuatu terjadi dan ternyata hal itu tidak terjadi sesuai keinginan seorang manusia, jangan biarkan hal itu membuatmu kecewa.

Kegagalan atau kekecewaan dalam hidup jangan sampai membuat seseorang menjalani hidup dengan kepala menunduk ke tanah. Sebaliknya, bergembiralah dengan apa yang Allah SWT berikan.

 

Umat manusia di muka bumi didorong untuk terus berjuang dan terus berkarya. Jangan pernah berhenti bertanya, teruslah mencari pertolongan Allah SWT. Ketika hasilnya datang, maka bergembiralah karena itulah yang Allah SWT kehendaki terjadi pada seseorang pada akhirnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement