Selasa 29 Aug 2023 14:25 WIB

Tips Hadapi Rasa Cemas akan Masa Depan Ala Nabi Muhammad

Ketika sesuatu tidak terjadi sesuai keinginan, jangan biarkan hal itu membuat kecewa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Tips Hadapi Rasa Cemas akan Masa Depan Ala Nabi Muhammad
Foto:

2. Ketika meminta, mintalah kepada Allah

Poin utama kedua dalam hadits ini adalah sabda Nabi yang berbunyi, “Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah. Jika Anda membutuhkan bantuan, carilah dari Allah.”

Secara umum, hal ini berarti seseorang menjalankan tauhid dalam tindakan. Mengakui Allah Yang Maha Kuasa sebagai satu-satunya yang patut disembah, serta mengakui Dia sebagai Yang Maha Esa yang menjadi tempat berpaling untuk semua kebutuhan.

Di sisi lain, hadits ini juga mengajarkan bahwa Allah SWT selalu menjawab doa dan harapan umat-Nya. Dia menunggu manusia untuk bertanya sehingga kitalah yang harus mengambil inisiatif.

Ketika seorang hamba melakukan itu, maka kita akan menemukan Allah tengah menunggu kita. Konsep ini sering sekali ditekankan dalam berbagai hadits.

Salah satu hadits diriwayatkan oleh Salaman Al-Farisi, yang menyebut bahwa Nabi Muhammad SAW memberi tahu bahwa seorang hamba yang mengangkat tangannya dalam doa tidak akan dikembalikan dengan tangan kosong oleh Allah SWT.

Berkat riwayat yang disampaikan Rasul kepada sepupunya, ia mengajarkan umat Muslim untuk mencari apa pun dari Allah. Bahkan, jika itu adalah hal yang paling kecil atau sepele, seperti menu makan di meja hari ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement