Rabu 16 Aug 2023 16:32 WIB

Ujian Berat Semasa Utsman Bin Affan Menjabat Khalifah, Meletusnya Pemberontakan

Utsman bin Affan adalah sosok khalifah yang berintegritas.

(ilustrasi) Utsman bin Affan. Utsman bin Affan adalah sosok khalifah yang berintegritas
Foto:

Untuk merespons situasi itu, Khalifah memberikan perintah kepada 'Amr ibn Al 'Ash, yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Mesir, untuk segera membawa pasukannya menuju Iskandariah. 

Di kota inilah, pihak pembangkang menemui bencana yang memporakporandakan mereka. 'Amr ibn Al Ash berhasil merobohkan kekuatan pasukan Romawi sampai ke akar-akarnya. 

Pada waktu bersamaan, Muawiyah berhasil menaklukkan Qinnasrin, sedangkan Utsman bin Abi Al 'Ash sukses meredakan pemberontakan yang terjadi di Istakhar dan mengembalikan daerah-daerah di sekitarnya pada kemerdekaan yang baru.

Adapun wilayah Afrika Utara, Khalifah Utsman mengirimkan pasukan dalam kekuatan yang sangat besar di bawah komando 'Abdullah in Sa'ad ibn Abi Sarh. 

Baca juga: Sosok Perempuan Hebat di Balik Tumbangnya Tiran dan Singgasana Firaun

Dalam pasukan ini, dia mengutus pula Abdullah ibn Umar dan 'Abdullah ibn Zubair. Pasukan ini disambut pasukan Barbar yang dipimpin langsung oleh raja mereka dengan kekuatan yang sangat besar pula.

Sebagian sejarawan memperkirakan pasukan ini berkekuatan 200 ribu tentara. Tentu saja ini menjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Dalam pertempuran ini, pasukan kaum Muslimin menemui ujian berat ketika Abdullah ibn Zubair gugur meraih syahid.

 

Kematiannya dilalui dengan penuh keberanian dan sikap kesatria yang tiada bandingannya. Hingga akhirnya, kemenangan ditakdirkan berada di pihak kaum Muslimin yang pulang dengan membawa tawanan perang dan harta rampasan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement