Senin 03 Jul 2023 13:28 WIB

Empat Malaikat Pembantu Izrail yang Datang Mencabut Nyawa

Meski begitu, hakikatnya Allah yang mewafatkan semua makhluk.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Empat Malaikat Pembantu Izrail yang Datang Mencabut Nyawa
Foto: Antara/Jojon
Empat Malaikat Pembantu Izrail yang Datang Mencabut Nyawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malaikat Maut atau Malaikat Izrail memiliki para malaikat pembantu yang mempunyai wewenang dalam mencabut nyawa. Meski begitu, hakikatnya Allah yang mewafatkan semua makhluk.

Dalam kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi terdapat beberapa riwayat yang menginformasikan tentang bagaimana para malaikat pembantu Malaikat Maut melakukan tugasnya. Disebutkan bahwa ketika telah datang ajal seorang hamba, maka malaikat maut akan menatap ke arah hamba tersebut.

Baca Juga

Seketika itu juga para malaikat pembantu akan pergi mencabut nyawa hamba tersebut. Dalam riwayat yang lain dijelaskan ada empat malaikat pembantu yang akan datang untuk mencabut nyawa seorang hamba.

Ada yang mencabut nyawa di kaki kanan, kaki kiri, tangan kanan, dan tangan kiri.

وفي الخبر أنه ينزل عليه أربعة من الملائكة: ملك يجذب النفس من قدمه اليمنى، وملك يجذبها من قدمه اليسرى، وملك يجذبها من يده اليمنى، وملك يجذبها من يده اليسرى، ذكره أبو حامد

Dan diceritakan dalam sebuah riwayat bahwa ada empat malaikat yang turun pada hamba yang akan meninggal. Ada malaikat yang mencabut nyawa dari kaki kanan hamba tersebut, dan ada malaikat yang mencabut nyawa dari kaki kiri hamba tersebut, dan ada malaikat yang mencabut nyawa dari tangan kanan hamba tersebut, dan ada malaikat yang mencabut nyawa dari tangan kiri hamba tersebut. (Diriwayatkan Abu Hamid)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement