Rabu 14 Jun 2023 03:43 WIB

Prancis Pernah Minta Perlindungan Ottoman dari Romawi, Ini Sejarahnya

Prancis mengalami kekalahan yang memalukan dalam Pertempuran Pavia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pasukan Ottoman di Andalusia. Prancis Pernah Minta Perlindungan Ottoman dari Romawi, Ini Sejarahnya
Foto:

François I dari Prancis menganggap Kesultanan Utsmani sebagai satu-satunya kekuatan yang melindungi negara-negara Eropa dari ekspansi agresif Charles V. Memang, pada musim panas 1543 M, Kesultanan Utsmani membantu Prancis dalam membebaskan kota Nice di Prancis, dengan meminta bantuan Sultan Suleiman yang Agung agar mengarungi armadanya ke Prancis untuk membebaskan kota Prancis.

Setelah bantuan itu, Prancis menawarkan menjadi tuan rumah pangkalan militer Ottoman di pelabuhan Toulon, asalkan pelabuhan Prancis ini berubah menjadi pangkalan angkatan laut armada Ottoman untuk mengusir angkatan laut Spanyol dan Italia.

Tujuannya agar Prancis memastikan armada Kekaisaran Romawi Suci tidak menyerangnya di hadapan pangkalan militer Utsmaniyah di tanah mereka, sebagai imbalan untuk membantu Prancis Utsmani dalam membebaskan kota Tunis.

Kota Prancis Toulon berubah menjadi pangkalan angkatan laut Ottoman untuk melindungi Prancis, dan Raja Prancis. Katedral Toulon pun diubah menjadi masjid bagi tentara garnisun Muslim Ottoman, yang diperkirakan berjumlah 30 ribu.

 

Selama enam bulan, dari akhir 1543 hingga awal 1544, kota Prancis berubah menjadi pangkalan perang untuk peluncuran kampanye militer Ottoman. Prancis menyediakan sekitar 10 juta garnisun Ottoman selama periode itu. Mata uang yang beredar di kota Toulon selama periode itu menjadi mata uang Ottoman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement